Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Essential Oil untuk Meredakan Batuk Pilek

8 Essential Oil untuk Meredakan Batuk Pilek

Di tengah cuaca yang sedang tak menentu seperti saat ini, kadang panas terik menyengat dan kadang hujan deras disertai udara dingin, Moms dan keluarga tentunya perlu usaha ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai daya tahan tubuh melemah dan Anda atau Si Kecil mengalami sakit ya, Moms.

Contoh penyakit yang kerap menyerang di cuaca seperti ini adalah batuk dan pilek. Namun, jika Moms atau Si Kecil mulai merasakan batuk dan pilek, tak perlu buru-buru minum obat batuk dan pereda pilek, karena penggunaan beberapa jenis essential oil juga efektif untuk meredakan batuk dan pilek. Yuk, ketahui jenis-jenis essential oil tersebut, Moms!

1. Tea tree

Jenis yang satu ini memang terkenal ampuh sebagai antibakteri dan antivirus, sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai pereda batuk dan pilek. Moms bisa mencampurkan 5-10 tetes tea tree ke diffuser, dan biarkan menyala menemani waktu tidur Anda atau Si Kecil.

Baca juga: Tea Tree Oil, Minyak Esensial yang Aman untuk Bayi

2. Eucalyptus

Sebuah studi yang dipublikasikan di Alternative Medicine Review menemukan fakta bahwa eucalyptus memiliki efek antimikrobial, yang efektif membasmi bakteri penyebab Anda sakit. Eucalyptus juga bisa membantu mengurangi inflamasi, nyeri, dan otot tegang karena flu.

3. Rosemary

Siapa bilang essential oil jenis ini hanya berguna untuk mengharumkan ruangan? Rosemary mengandung cineole, yang bisa membantu mengurangi inflamasi dan melancarkan mucus atau cairan hidung.

4. Peppermint

Biasanya semua produk yang diklaim melancarkan pernapasan mengandung ekstrak peppermint yang biasa disebut menthol. Dan ketika Anda menghirup essential oil ini, sensasi dingin akan membantu melancarkan pernapasan akibat flu. Moms bisa menggunakan diffuser atau mencampurkannya ke minyak oles. Nyaman!

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Anda

5. Frankincense

Jenis essential oil ini memang dikenal sangat harum, tapi juga efektif melancarkan sistem pernapasan lho, Moms. Menurut Medical News Today, essential oil frankincense sering digunakan untuk meredakan batuk, asma, dan bahkan bronkitis.

6. Oregano

Siapa bilang oregano hanya bisa dipakai untuk bumbu masak? Faktanya, essential oil jenis ini mengandung carvacrol, antimikrobial yang efektif membasmi berbagai bakteri. Oregano juga baik untuk membasmi virus dan bakteri penyebab batuk lho, Moms.

7. Cinnamon

Kayu manis atau cinnamon tak hanya enak dicium, tapi juga baik untuk membasmi bakteri penyebab masalah pernapasan. Anda bisa keluarkan beberapa tetes essential oil kayu manis atau bisa juga dicampurkan ke minyak oles untuk meredakan batuk dan pilek.

8. Thieves

Beberapa merek essential oil memiliki varian thieves, yang terdiri dari campuran essential oil kayu manis, cengkeh, eucalyptus, rosemary, dan sedikit lemon. Perpaduan ini sudah dikenal ampuh membasmi virus dan bakteri penyebab batuk pilek. Thieves juga efektif untuk melegakan pernapasan lho, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)