Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengapa Kita Wajib Mengonsumsi Lemak Baik?

Mengapa Kita Wajib Mengonsumsi Lemak Baik?

Sepertinya tak sedikit orang yang menghindari makanan berlemak dengan alasan bahwa makan makanan berlemak bisa menyebabkan kenaikan berat badan serta meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Hal ini memang mungkin bisa terjadi terlebih bila seseorang tidak menjalankan pola hidup sehat.

Pada dasarnya, lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena alasan inilah sebaiknya kita tidak perlu menganggap bahwa makanan yang mengandung lemak itu tidak baik dan menghindari semua jenis makanan berlemak. Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, tapi pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, Moms.

Baca juga: Metabolisme Lemak di Dalam Tubuh, Begini Prosesnya Moms!

Lemak baik kaya manfaat

Lemak baik dikenal dengan nama lain lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini baik dikonsumsi karena bisa membantu pertumbuhan sel-sel baru, meningkatkan kolesterol baik (HDL), meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik diketahui juga mampu menurunkan risiko menderita beberapa jenis kanker, memperlambat dan mengurangi risiko terkena penyakit berbagai gangguan memori, serta membantu perkembangan otak dan mata pada anak-anak.

Banyaknya manfaat untuk kesehatan yang didapat dari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik tentu sudah menjadi alasan bahwa kita wajib mengonsumsi lemak baik.

Jenis-jenis lemak baik

Lemak baik atau lemak tak jenuh terbagi atas dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Namun, umumnya jenis lemak baik atau lemak tak jenuh yang paling dikenal adalah asam lemak omega-3 dan omega-6, yang termasuk dalam asam lemak tak jenuh ganda.

Kedua asam lemak tersebut dibutuhkan tubuh, tetapi tidak bisa dihasilkan sendiri di dalam tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kedua lemak esensial ini.

Baca juga: Manfaat Lemak bagi Tubuh yang Kerap Dilupakan

Makanan yang mengandung lemak baik

Sumber makanan yang mengandung lemak baik ini bisa Anda temukan pada:

Lemak tak jenuh tunggal

Sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ini bisa diperoleh dari kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak biji bunga matahari.

Lemak tak jenuh ganda

Sumber makanan yang mengandung omega-3 bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis ikan, seperti ikan salmon, ikan sarden dan ikan makerel. Selain itu sumber makanan yang mengandung omega-3 juga bisa Anda peroleh dari kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Sedangkan untuk sumber makanan yang mengandung omega-6, Anda bisa memperolehnya dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

Nah, sekarang sudah enggak ragu lagi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Namun, Anda memang sebaiknya makan makanan yang mengandung lemak baik ya, Moms. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)