Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Makanan yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Urat

7 Makanan yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Urat

Bagi masyarakat Indonesia, penyakit asam urat mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Penyakit asam urat atau hiperurisemia sendiri merupakan sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu, tubuh bisa menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat pun menumpuk dalam tubuh.

Bagi penderita asam urat, banyak makanan yang harus dihindari, khususnya makanan yang mengandung purin. Karena ketika tubuh Anda mencerna purin, hal ini bisa menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Meski demikian, masih terdapat sejumlah makanan yang bisa membantu menurunkan asam urat di dalam tubuh. Nah, berikut ini 6 jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh Anda, Moms.

Baca juga: Waspada Asam Urat pada Ibu Hamil!

1. Seledri

Seledri dipercaya berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Tidak ada saran khusus mengenai porsi seledri yang harus dikonsumsi per hari. Karena itu, Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Misalnya, dengan menyantap daun seledri mentah, dibuat jus, atau berupa suplemen.

2. Berries

Selain lezat buah berries, terutama strawberry dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi, lho! Sifat antiinflamasi inilah yang bisa mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi, mengingat asam urat bisa menyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri. Jadi, buat Anda penderita asam urat, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi buah-buahan ini, ya!

3. Teh hijau

Hasil pada sebuah studi di US National Library of Medicine - National Institutes of Health menunjukkan bahwa teh hijau berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat tubuh. Studi ini mengatakan teh hijau kaya antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa inilah yang mampu memghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

4. Ceri

Buah yang biasanya menjadi pemanis kue ini ternayata memiliki khaista untuk menurunkan asam urat, Moms! Ceri memiliki zat anti-peradangan bernama anthocyanis yang membantu mengurangi kadar asam urat. Zat ini mampu mencegah akumulasi asam urat atau pengendapan asam urat di persendian. Ceri juga menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit. Mengonsumsi 200 gram ceri per hari sangat efektif untuk menurunkan asam urat.

5. Air putih

Buat Anda penderita asam urat, minum air putih yang cukup bisa membantu mengatasi gangguan asam urat, karena air mengeluarkan racun termasuk asam urat berlebih dari tubuh. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

6. Cuka apel

Cuka apel yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. Meskipun mengandung asam asetat, cuka apel membantu merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat pun tidak bisa terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

7. Pisang

Pisang merupakan buah yang populer dan mudah Anda peroleh. Buah ini juga baik dikonsumsi oleh Anda yang menderita asam urat. Pisang memiliki kandungan kalium dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat sehat dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat. Kandungan ini bisa membantu tubuh menurunkan dan mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh Anda, Moms. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)