Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Balita Suka Lari-lari, Ini Alasan dan Trik Menghadapinya!

Balita Suka Lari-lari, Ini Alasan dan Trik Menghadapinya!

Seiring dengan perkembangan balita Anda, Moms mungkin akan menemukan berbagai hal baru (dan mungkin aneh) yang belum pernah Anda temui sebelumnya, mulai dari kelakuan Si Kecil yang gemar meniru Anda, hingga proses belajar berbicara Si Kecil.

Namun, salah satu tahap perkembangan yang mungkin sering membuat Anda kelelahan adalah fase di mana Si Kecil mulai suka berlari-larian. Tak jarang bila sedang menghabiskan waktu di rumah, ia akan berlari ke sana kemari. Meskipun bisa bikin Anda pusing melihat kelakuannya, setidaknya Si Kecil masih berada dalam pengawasan Anda. Namun, bagaimana bila ia sedang di luar rumah? Tentunya hal ini bisa membahayakan Si Kecil ya, Moms.

Baca juga: Trik Mendisiplinkan Balita yang Susah Patuh dan Mendengarkan

Nah, agar Anda tak bingung lagi menghadapi kegemaran Si Kecil ini, yuk, Moms, simak penjelasan tentang mengapa balita suka berlari dan cara menghadapinya berikut ini!

Alasan balita berlari, karena menyenangkan

Sebelum mengetahui cara tepat menghadapi balita yang suka berlari, lebih baik Moms memahami sebabnya terlebih dahulu agar bisa menentukan sikap yang tepat untuk menghadapi perilaku Si Kecil ini.

Melansir Parents, alasan utama balita suka berlari-lari adalah karena rasanya menyenangkan. Sederhana, bukan? Saat ia beranjak balita, ia mulai menguasai keterampilan fisik baru, seperti berdiri, berjalan, dan berlari. Mempraktikkan keterampilan barunya, berlari, adalah ungkapan perayaan Si Kecil.

Ia belum memiliki kemampuan untuk menahan diri atau keterampilan kognitif yang mumpuni untuk berhenti melakukan hal-hal yang ia senangi. Ia juga sedang dalam masa gemar bereksplorasi dan mencoba menguji batas-batas keterampilannya.

Selain itu, melansir BabyCentre, balita tidak berlari untuk membuat Anda marah, melainkan karena ia sedang menikmati kebebasannya. Terlebih lagi karena sudah mulai bisa berlari, Si Kecil akan makin mudah mengekspresikan kebebasan yang ia miliki tersebut.

Baca juga: Trik Mengatasi Balita yang Gemar Melompat-Lompat

Cara aman mengatasi balita yang gemar berlari

Pada tahapan usia ini, akan sulit baginya untuk bisa mawas diri. Namun, tak perlu khawatir, Moms, karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi Si Kecil yang suka berlarian. Simak triknya berikut ini, Moms!

1. Buat sebagai permainan. Sulit rasanya membendung luapan energi balita. Karena itu, tak ada salahnya untuk membuat permainan agar Si Kecil bisa bebas berlarian.

2. Jelaskan perilaku yang Anda inginkan. Tentu Anda ingin Si Kecil berlaku secukupnya agar tidak mengalami kecelakaan. Untuk itu, Moms bisa ajak bicara Si Kecil dan jelaskan dengan perlahan tentang ekpektasi perilaku yang Anda harapkan darinya.

3. Jelaskan konsekuensi. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menerapkan kedisiplinan sedari dini. Beritahu segala risiko bila ia tetap berlarian dengan menggila, seperti kemungkinan untuk jatuh, tersandung, atau bahkan menabrak sesuatu. Moms juga bisa berikan hukuman ringan, seperti duduk di stroller dan pulang ke rumah.

4. Puji saat Si Kecil berhasil mengontrol dirinya untuk tidak berlarian di saat Anda memintanya.

5. Buat momen yang menyenangkan bersama Si Kecil, karena berlarian bisa menjadi cara Si Kecil untuk melampiaskan kebosanannya. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)