Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ingin Naikkan Berat Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Ingin Naikkan Berat Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Bukan hanya kelebihan berat badan, kekurangan berat badan pun bisa berpengaruh buruk pada kesehatan. Buat sebagian orang, menaikkan berat badan adalah tugas yang sulit, layaknya mengurangi berat badan buat orang lain.

Walaupun begitu, memilih makanan yang tepat bisa membuat usaha menaikan berat badan Anda jadi lebih sehat dan efektif. M&B telah merangkum beberapa makanan yang bisa membantu menaikkan berat badan Anda. Simak daftarnya berikut ini, Moms!

Baca juga: 6 Bahaya yang Mengintai saat Berat Badan Ibu Hamil Rendah

1. Susu

Susu adalah sumber protein utama buat orang-orang yang ingin menaikkan berat badan maupun membangun otot sejak lama. Pasalnya, susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang. Selain itu, susu juga kaya kalsium dan mineral lain yang baik bagi tubuh.

Melansir Healthline, penelitian menemukan bahwa susu yang dikombinasikan dengan kasein dapat menyebabkan kenaikan massa tubuh yang lebih banyak dibandingkan sumber protein lainnya. Cobalah minum segelas atau dua gelas susu sebagai kudapan atau saat sarapan.

2. Nasi

Nasi adalah makanan tinggi kalori yang membuat Anda mendapatkan cukup banyak karbohidrat dalam sekali makan. Melansir Healthline, satu cangkir (165 gram) nasi yang sudah dimasak mengandung 190 kalori, 43 gram karbohidrat, dan sedikit lemak. Namun, Anda perlu berhati-hati bila memiliki kondisi diabetes, karena kandungan gula dalam nasi bisa memperburuk kondisi diabetes Anda. Jangan lupa kombinasikan nasi dengan sumber protein dan lemak yang sehat.

3 Daging

Daging sapi merupakan salah satu makanan pembangun tubuh yang terbaik. Satu porsi steak mengandung sekitar 3 gram leucine, yakni salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk proses pembangunan otot. Dalam sebuah studi, 100 perempuan lanjut usia menambah 170 gram daging merah dalam pola makan mereka dan melakukan olahraga. Hasilnya, mereka berhasil menambah berat badan dan kekuatannya bertambah sekitar 18%.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan selai kacang adalah pilihan kudapan yang tepat buat Anda yang ingin menambah berat badan. Ini karena kacang merupakan salah satu makanan tinggi kalori. Segenggam almond mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. Mengonsumsi kacang setidaknya dua genggam sehari bisa menambah ratusan kalori.

5. Ikan berlemak

Salmon, tuna, dan makerel adalah beberapa contoh makanan yang bagus untuk program menaikkan berat badan Anda. Ikan berlemak merupakan sumber protein dan lemak sehat terbaik. 170 gram salmon menyediakan 350 kalori, 34 gram protein kualitas tinggi, dan 4 gram omega-3. Semua hal ini bisa membantu proses meningkatkan berat badan Anda. 

6. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya lemak baik yang bagus untuk tubuh. Memasukkan alpukat yang padat kalori dalam pola makan Anda bisa membantu menaikkan berat badan. Satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak baik, dan 17 gram serat. Selain itu, alpukat juga tinggi vitamin, mineral, dan beragam nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

7. Buah kering

Menjadikan buah kering sebagai kudapan sehari-hari juga bisa membantu program menaikkan berat badan, Moms. Buah kering mengandung tinggi kalori, antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan mikronutrisi. Jadi, tak hanya membantu menaikkan berat badan, tapi juga bisa menjaga tubuh dari polusi dan melengkapi kecukupan nutrisi sehari-hari. Moms bisa campurkan buah kering dengan kacang ataupun yoghurt sebagai camilan siang Anda. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)