Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Gizi Penting Ibu Hamil

Gizi Penting Ibu Hamil
gizi untuk wanita hamil

Sejak hamil, tubuh Anda bekerja untuk 2 nyawa-- Anda dan Si Jabang Bayi. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga asupan sehat yang dibutuhkan.

 

Menurut ahli gizi asal Australia, Dr. Joanna McMillan, para ibu hamil perlu menjaga pola makannya, termasuk asupan bergizi. Namun, mereka perlu berhati-hati, karena  beberapa jenis makanan juga bisa menjadi masalah bagi Sang Bayi kelak.

 

“Nafsu makan Anda mungkin akan meningkat. Namun, penting bagi Anda memilih makanan yang tepat. Misalnya, cermat memilih asupan gula yang tepat dalam meningkatkan energi ketika Anda merasa lelah,” ungkap Dr. Joanna, seperti dilansir dari Mother&Baby Australia.

 

Kini saatnya Anda memperbaiki pola makan, karena tubuh Anda kini tengah bersiap menghasilkan seorang generasi cerdas. Untuk itu, penuhilah gizi Anda dengan tepat, seperti rekomendasi berikut.

 

1.  Karbohidrat
Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra selama hamil. Menurut Dr. Joanna, pola makan yang rendah indeks glikemik (IG) dapat mengurangi risiko penyakit pada ibu dan janinnya. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia dalam suatu pangan. Jadi, pilihlah karbohidrat dengan kadar serat tinggi agar Anda tetap mendapatkan energi yang dibutuhkan. Anda dapat mengonsumsi roti gandum, beras merah, ubi jalar, dan kentang. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

 

2.  Protein
Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan calon bayi Anda. Makanan yang kaya protein juga menyediakan mikronutrien penting. Jadi, Anda dapat menambahkan yoghurt, susu, telur, kacang-kacangan, ikan, atau daging tanpa lemak.

 

3.  Omega-3
Omega-3 juga merupakan salah satu asupan yang penting untuk kehamilan. Zat gizi ini bisa didapat dari telur, ikan, dan minyak ikan. Anda bisa memilih beberapa jenis ikan yang aman untuk dimakan, seperti salmon, tuna, dan sarden. Peneliti menganjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsi menu ikan 2-3 kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, Anda harus menghindari konsumsi ikan mentah. 

 

4.  Kalsium
Produk susu juga sangat dibutuhkan untuk memberikan kalsium yang dibutuhkan janin Anda dalam perkembangan tulangnya. Untuk memprioritaskan perkembangan serta kesehatan gigi dan tulang Si Jabang Bayi, ibu hamil setidaknya membutuhkan kalsium sebanyak 1.000 mg per harinya. Selain susu yang kaya kalsium, Anda juga dapat mengonsumsi keju dan yoghurt, selada air, bayam, brokoli, almond, serta kedelai untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

 

5.  Buah dan Sayuran

Menurut Dr. Joanna, makanlah setidaknya 5 porsi sayuran dan 2 porsi buah setiap harinya. Anda akan mendapatkan berbagai kebutuhan vitamin dan mineral untuk Anda dan calon bayi. Lebih banyak makan sayur dan buah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau yang kaya nutrisi, termasuk zat besi. Batasi juga asupan buah yang dijus dengan tambahan pemanis, karena jus tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi. (Aulia/DMO/Dok. M&B)