Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Alasan agar Anda Lebih Sering Berpelukan dengan Pasangan

7 Alasan agar Anda Lebih Sering Berpelukan dengan Pasangan

Moms, seberapa sering Anda dan Dads berpelukan? Pelukan merupakan bahasa tubuh paling mudah dan familiar yang sering dilakukan seseorang untuk mengekspresikan perasaan kasih sayang. Pelukan juga menjadi salah satu hal yang dirindukan setiap pasangan. Hubungan Anda berdua akan makin erat dengan saling melingkarkan tangan ke tubuh pasangan.

Akan tetapi, pelukan bukan semata aktivitas fisik antara dua orang. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan berpelukan. Apa saja? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan membiasakan berpelukan dengan pasangan Anda, Moms.

1. Meningkatkan keintiman secara emosional

Berpelukan dengan pasangan tidak hanya akan membuat Anda jadi merasa nyaman, tapi juga dapat meningkatkan keintiman hubungan Anda dan pasangan. Menurut Dr. Frances Walfish, psikoterapis di California, AS, pelukan dapat mendekatkan seseorang dengan pasangannya secara emosional. Hal ini juga terjadi pada ibu yang memeluk dan mendekap bayinya, yang membuat bayi merasa nyaman dan membuat bonding ibu dengan bayinya makin erat.

2. Menurunkan tingkat stres

Saat Moms dan Dads berpelukan, tubuh akan langsung melepaskan hormon oksitosin atau hormon cinta sehingga Anda dan pasangan akan lebih merasa tenang dan bahagia. Selain itu, pelukan bisa menurunkan kadar hormon kortisol di tubuh, sehingga stres maupun depresi bisa lenyap dengan berpelukan. Jika Anda merasa cemas, memeluk pasangan juga bisa mengurangi kecemasan dalam diri Anda.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Riset yang dilakukan di University of North Carolina at Chapel Hill mengungkapkan fakta bahwa pelukan yang Anda lakukan dengan pasangan sambil berpegangan tangan selama 10 menit bagus untuk kesehatan jantung. Berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung sehingga membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Lebih dari Ungkapan Cinta, Ini 8 Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pelukan dipercaya bisa membuat tubuh kita lebih sehat. Saat Anda dan pasangan berpelukan, tubuh tidak hanya melepas hormon oksitosin, tapi juga dopamin yang sering diistilahkan dengan feel-good hormones. Salah satu fungsi dopamin adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, meskipun sebentar, berpelukan akan memberikan pengaruh baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadikan Anda dan pasangan lebih sehat.

5. Memperbaiki komunikasi

Ada kalanya Anda atau pasangan kesulitan untuk mengungkapkan perasaan lewat kata-kata. Berpelukan menjadi cara yang efektif untuk mengungkapkan isi hati Anda tanpa perlu berbicara. David Klow, terapis pernikahan dan pendiri Skylight Counseling Center di Chicago, AS, menyarankan pasangan yang ingin memulihkan hubungan untuk sering berpelukan saat mereka tak bisa mengungkapkan perasaan lewat kata-kata.

6. Membuat hubungan langgeng

Bagi sebagian pasangan, berpelukan mungkin seperti sebuah kegiatan yang sepele. Namun, percayalah, berpelukan bisa membuat Anda merasa nyaman saat menghabiskan waktu bersama pasangan dan mempererat hubungan Anda berdua, sehingga hubungan Anda akan jadi lebih langgeng.

7. Meningkatkan empati dan pengertian

Berpelukan mengajarkan kita untuk bisa memberi dan menerima. Saat Moms memeluk Dads, Dads pun cenderung akan memeluk Anda kembali sehingga akan memunculkan rasa empati dan pengertian yang lebih baik lagi di antara Anda berdua. Jadi, jika ingin Dads peka, sering-seringlah untuk memberinya pelukan hangat ya, Moms. (M&B/SW/Foto: Freepik)