Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

Ini Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

Setelah makan, mungkin Moms memilih untuk berdiam diri atau duduk untuk "menurunkan" makanan Anda. Namun, daripada Anda melakukan hal tersebut, ada baiknya Moms melakukan kegiatan fisik yang ringan setelah makan, contohnya berjalan kaki.

Melansir laman Healthline, berjalan kaki dengan waktu singkat setelah makan ternyata telah menjadi tren di komunitas kesehatan dan kebugaran selama beberapa tahun terakhir. Berjalan kaki setelah makan juga diketahui baik untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaatnya?

1. Melancarkan pencernaan

Pergerakan tubuh yang dilakukan setelah makan bisa membantu melancarkan pencernaan Anda dengan mendorong stimulasi lambung dan usus yang menyebabkan makanan bergerak lebih cepat. Selain itu, aktivitas fisik rendah hingga sedang setelah makan juga dapat memiliki efek perlindungan pada saluran pencernaan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Selain memperhatikan pola makan atau memilih diet yang tepat, olahraga juga mendukung seseorang dalam menurunkan berat badan. Karena saat ingin menurunkan berat badan, Moms perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Berjalan kaki setelah makan bisa membantu menurunkan kalori Anda, dan jika dipertahankan atau dilakukan secara konsisten, aktivitas tersebut juga membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

3. Membantu mengatur tekanan darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa berjalan kaki sebanyak 3 kali selama 10 menit setiap harinya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan berjalan kaki selama 10 menit yang dilakukan beberapa kali sepanjang hari bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah daripada satu sesi yang dilakukan terus-menerus atau dengan waktu yang lama.

4. Mengontrol kadar gula darah

Melakukan aktivitas fisik setelah makan bermanfaat baik buat para penderita diabetes tipe 1 dan 2. Pasalnya, berolahraga setelah makan bisa mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan, sehingga mengurangi jumlah insulin atau obat oral yang diperlukan para penderita.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Melakukan aktivitas fisik diketahui baik untuk kesehatan jantung, khususnya olahraga secara teratur yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat serta mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.

Berdasarkan data dari The National Institutes of Health, waktu ideal untuk berjalan kaki sebaiknya segera dilakukan setelah Anda makan, karena pada saat ini tubuh masih bekerja untuk mencerna makanan yang telah Anda makan.

Namun, tak dimungkiri bahwa berjalan kaki setelah makan bisa saja membuat perut Anda jadi sakit. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang baru saja Anda makan sedang bergerak di dalam perut dan menciptakan kondisi yang tak nyaman pada pencernaan. Untuk menghindari hal ini, Moms bisa menunggu sekitar 10-15 menit setelah makan, baru kemudian berjalan kaki dan pertahankan intensitas berjalan yang rendah.

Untuk memulai kebiasaan ini, setelah makan Moms bisa berjalan kaki selama 10 menit, kemudian tambah durasinya sesuai ketahanan fisik Anda. Moms bisa berikan jarak sekitar 10 menit di setiap sesi jalan kaki. Dengan berjalan kaki 3 kali selama 10 menit per hari, Anda pun sudah memenuhi anjuran durasi olahraga yang sebaiknya dilakukan, yaitu selama 30 menit per hari. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)