Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Awas! Kebanyakan Tidur Berkaitan dengan Penyakit Berbahaya

Awas! Kebanyakan Tidur Berkaitan dengan Penyakit Berbahaya

Saat sedang lelah, tidur yang nyenyak memang sangat penting untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Namun, jika Anda sering kebanyakan tidur, maka Anda harus waspada dengan diabetes dan penyakit jantung lho, Moms! Wah, apa hubungannya? Yuk, cari tahu penjelasannya berikut ini.

Berkaitan dengan status ekonomi

Mengutip WebMD, depresi dan status sosial ekonomi rendah sangat berkaitan dengan kebanyakan tidur atau disebut juga dengan oversleeping. Dua faktor tersebut mungkin menjadi penyebab dampak negatif kebanyakan tidur pada kesehatan tubuh. Misalnya, mereka yang berada di status ekonomi rendah mungkin memiliki akses yang lebih terbatas ke petugas kesehatan, yang pada akhirnya lebih sulit terdeteksi jika ada penyakit jantung (yang bisa menyebabkan tidur berlebih).

Berapa lama sih, yang disebut kebanyakan tidur? Mungkin Anda mulai mempertanyakan hal ini ya, Moms. Menurut WebMD, para pakar merekomendasikan tidur selama 7 sampai 9 jam per malam. Karena itu, jika Anda sering tidur melebihi durasi yang direkomendasikan pakar, bisa dibilang tidur Anda terlalu lama.

Bahaya kebanyakan tidur buat kesehatan

Beberapa penyakit yang sering berkaitan dengan kebanyakan tidur atau oversleeping adalah sebagai berikut:

1. Diabetes

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidur terlalu lama atau kebanyakan tidur setiap malam bisa meningkatkan risiko diabetes. Terlebih, kebanyakan tidur yang sering juga disebut hipersomnia ini juga merupakan salah satu gangguan tidur yang tentunya berbahaya buat kesehatan Anda.

2. Depresi

Walau kesulitan untuk bisa tidur atau insomnia merupakan penyakit yang sering dikaitkan dengan depresi, faktanya sebanyak 15% orang yang mengalami depresi justru sering kebanyakan tidur (hipersomnia). Ini membuat depresi mereka semakin parah, karena pola tidur yang baik dan cukup adalah cara yang ampuh untuk menyembuhkan depresi, bukannya kebanyakan tidur.

3. Penyakit jantung

Sebuah data dari penelitian Nurses Health Study menguak fakta bahwa wanita yang tidur 9-11 jam per malam mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 38% dibandingkan wanita yang tidur 8 jam per malam.

4. Sakit Kepala

Bagi orang yang rentan sakit kepala, kebanyakan tidur atau tidur lebih lama daripada biasanya bisa bikin sakit kepala. Para ahli percaya ini disebabkan oleh beberapa neurotransmitter tertentu di otak (termasuk serotonin) yang terdampak oleh kebanyakan tidur. Kebanyakan tidur di siang hari yang mengganggu pola tidur malam juga bisa menyebabkan sakit kepala.

5. Obesitas

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit sama-sama bisa bikin obesitas lho, Moms. Ada studi yang membuktikan bahwa 21% orang yang tidur 9 atau 10 jam per malam lebih mudah mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur 7 atau 8 jam per malam. (M&B/Tiffany/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle