Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Mengelola Emosi Negatif

Tips Mengelola Emosi Negatif

Setiap wanita pasti pernah mengalami konflik dalam rumah tangganya. Namun, tahukah Anda bahwa salah satu faktor pemicunya adalah emosi negatif dari diri Anda sendiri? Ajeng Raviando, psikolog relationship dari M&B mengatakan bahwa berbagai emosi negatif yang berkecamuk di dalam diri dapat memicu pertengkaran dan rasa pesimis Anda. Emosi ini dapat memicu depresi, kehilangan semangat hidup, dan merasa tak percaya diri.

 

Jika Anda berupaya mengabaikan emosi negatif tersebut atau melarikan diri dari masalah, maka emosi-emosi tersebut justru akan tertanam lebih dalam pada diri Anda. Kondisi ini tentu memengaruhi kehidupan emosional Anda selanjutnya. Meskipun semua emosi itu sulit dihilangkan, Anda bisa mengendalikannya. Berikut beberapa tips mengelola emosi negatif tersebut.

 

1.  Cobalah untuk lebih berpikiran positif. Gunakan teknik 'menghentikan pikiran' setiap kali muncul pikiran negatif yang berulang. Pejamkan mata, lalu katakan dalam hati “stop”.
2.  Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tekuni hobi dan aktivitas yang bermanfaat. Carilah aktivitas yang menyenangkan dan melibatkan teman-teman, komunitas Anda, dan pasangan.
3.  Tenangkan diri dan lakukan rileksasi. Cobalah beribadah, spa, olahraga, meditasi, atau menekuni hobi Anda. Bila perlu, lakukan konseling atau konsultasi dalam periode tertentu dengan psikolog.
4.  Nikmati momen Anda bersama pasangan dan terimalah kondisi Anda dengan hati lapang. Ungkapkan keinginan-keinginan Anda kepada pasangan, lalu minta ia untuk terus mendukung Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)