Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pelecehan Seksual pada Anak (5): Jika Si Kecil Menjadi Korban

Pelecehan Seksual pada Anak (5): Jika Si Kecil Menjadi Korban
Jika Si Kecil Menjadi Korban Pelecehan Seksual

Orangtua mana yang tidak hancur hatinya saat mengetahui anaknya menjadi korban pelecehan. Jika itu terjadi, apa yang harus Anda lakukan?

  1. Hindari marah kepada anak. Jika menduga Si Kecil mengalami pelecehan, hindari memarahi mereka agar mereka tidak merasa kejadian yang menimpanya adalah kesalahan mereka.

  2. Jangan menginterogasi anak. Tanyakan: APA yang terjadi, DI MANA, KAPAN, dan SIAPA yang melakukan. Bukan bertanya mengapa itu terjadi.

  3. Jangan biarkan Si Kecil melihat kesedihan Anda. Anak-anak mudah sekali merasa bersalah. Terlihat sedih di depan mereka akan membuat mereka merasa bersalah dan kemudian berhenti mengungkapkan kejadian.

  4. Cobalah untuk tidak langsung mencari solusi akhir. Tenangkan Si Kecil dengan mengatakan bahwa Anda akan mencari pertolongan untuk menyelesaikan masalah ini. Anda bisa meminta bantuan psikolog, dokter, pekerja sosial, atau polisi untuk membantu Anda menyelesaikan masalah.

  5. Mencari pertolongan dari lembaga yang bisa dipercaya. Di Indonesia ada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang mungkin bisa membantu Anda mendapatkan solusi. (Sandra Ratnasari/sumber:underwearrule.org/FreeImage)

Temukan tip Si Kecil terhindari dari pelecehan seksual di artikel ini.