Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Jenis Pujian yang (Diam-diam) Disukai Suami

5 Jenis Pujian yang (Diam-diam) Disukai Suami

Tak hanya Anda, suami pun (diam-diam) senang jika diberi pujian lho, Moms. Walaupun selama ini suami terlihat cool atau tidak ekspresif seperti istri, pujian tetap membuatnya merasa bahagia dan dihargai. Dari sisi psikologis, memberi pujian untuk suami tercinta punya banyak dampak positif untuknya, seperti meningkatkan rasa percaya diri hingga membuat hubungan rumah tangga makin harmonis.

Namun, dalam memberikan pujian, Moms harus atur agar pujiannya tidak terkesan aneh, dipaksakan, atau tidak tulus. Jangan bingung memilih pujian. Berikut ini beberapa pujian yang sangat disukai suami. Coba praktikkan ke Dads ya, Moms.

Baca juga: 7 Kekuatan Doa Istri untuk Suami, Jadi Pembuka Pintu Rezeki

1. Pujian usaha suami

Jenis pujian ini diberikan sebagai penghargaan terhadap upaya keras yang telah dilakukan suami untuk Anda dan keluarga. Upaya yang dimaksud bukan banyaknya uang yang diberikan untuk Anda lho, Moms, tapi lebih ke upaya apa pun yang Dads lakukan dengan tulus untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga, baik lahir maupun batin. Contohnya berikut ini.

  • "Terima kasih sudah memperbaiki pipa yang bocor, ya. Kalau enggak ada kamu, rumah kita mungkin udah banjir nih, Pa."
  • "Papa membantu Mama menata tanaman di halaman depan rumah, ya? Wah, halaman kita jadi makin cantik. Terima kasih, ya."
  • "Wow, Papa menyiapkan sarapan? Terima kasih ya, Pa. Mama yang tadinya kurang enak badan, jadi cepat pulih deh, karena dibantu Papa."

2. Pujian karakter

Umumnya, pria menyampaikan emosinya lewat sikap dan aktivitas, bukan lewat kata-kata seperti yang sering dilakukan wanita. Maka, sangat penting untuk memuji karakter baik dalam diri Dads, agar ia tahu kalau Anda memperhatikannya dan menyukainya. Ini beberapa contoh pujian untuk karakter baik suami.

  • "Papa ramah banget sama semua orang, semoga anak-anak kita bisa mencontohnya, ya."
  • "Kamu selalu bisa memaafkan kesalahan orang lain, dan aku banyak belajar soal memaafkan dari kamu."
  • "Sebagai pemimpin perusahaan, Papa sangat bijak dan bisa dijadikan contoh yang baik. Semoga sikap Papa bisa menularkan banyak kebaikan untuk karyawan yang lain, ya."

3. Pujian penampilan

Siapa bilang hanya wanita yang peduli dengan penampilan? Pria juga suka terlihat menarik dan diberi pujian karena tampil keren lho, Moms. Ini beberapa contoh pujian penampilan yang diam-diam disukai Dads.

  • "Wah, Papa keliatan ganteng banget dengan potongan rambut baru seperti itu."
  • "Pilihan jas Papa selalu bagus, jadi makin ganteng, deh."
  • "Otot Papa makin kekar, Mama jadi makin suka dipeluk Papa."

4. Pujian kecerdasan

Pria suka diajak ngobrol hal yang amat ia kuasai atau sukai. Menurut pria, hal seperti itu sangat intim dan romantis, ia pun merasa Anda sedang berusaha untuk mengenal dirinya lebih dalam lagi. Ini contoh pujian kecerdasan yang bisa Moms coba untuk Dads.

  • "Aku beruntung banget punya suami sepintar kamu, seperti menikahi ensiklopedia berjalan."
  • "Wah, semua lagu bisa Papa mainkan dengan baik. Papa memang berbakat banget di bidang musik."
  • "Cuma kamu yang bisa menghitung secepat itu, Pa. Kalkulator kalah."

5. Pujian keputusan

Banyak istri mengira semua kepala keluarga pasti bisa mengambil keputusan dengan baik. Faktanya, mengambil keputusan tidak semudah membalikkan telapak tangan, Moms. Jadi, ketika Dads membuat keputusan dengan tepat, memberinya pujian bisa menjadi cara untuk menunjukkan rasa bangga dan terima kasih Anda untuknya. Ini contoh pujian untuk suami dalam membuat keputusan.

  • "Untung Papa memutuskan untuk beli mobil listrik. Harga BBM sekarang naiknya gila-gilaan ya, Pa."
  • "Keputusan Papa menunda liburan tepat banget, karena uangnya bisa kita pakai untuk tambahan biaya masuk sekolah anak kita."
  • "Mama banyak belajar dari Papa untuk cermat mengambil keputusan. Ilmu ini ternyata sangat berguna di kantor. Terima kasih ya, suamiku sayang."

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)