Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Meredakan Nyeri Haid

Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Meredakan Nyeri Haid

Nyeri atau kram di bagian perut merupakan masalah umum yang dialami wanita saat menstruasi. Meski biasanya tidak mengindikasikan masalah kesehatan yang serius, kondisi tersebut kerap membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas.

Untuk gejala yang ringan, Anda bisa mengatasinya dengan cara memperbanyak waktu istirahat, mengonsumsi air putih, dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meredakan nyeri haid. Berikut ini beberapa makanan yang dimaksud, Moms.

Baca juga: Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan? Ini Kemungkinan Penyebabnya

1. Brokoli

Brokoli mengandung sejumlah nutrisi yang terbukti mampu membantu melawan kram menstruasi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E, serta kalsium, kalium, dan magnesium. Tidak hanya itu, brokoli juga termasuk salah satu sumber serat makanan yang baik yang bisa membantu mengatur kadar estrogen sekaligus menstabilkan sistem pencernaan.

2. Yoghurt rendah lemak

Minuman kaya kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi wanita saat sedang menstruasi adalah yoghurt rendah lemak. Yoghurt merupakan sumber kalsium. Secangkir yoghurt mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan harian kalsium Anda.

3. Salmon

Salmon mengandung vitamin D yang bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh, yaitu sebesar 100 IU. Selain itu, salmon kaya vitamin B6 yang akan membantu mengurangi iritabilitas dan nyeri di payudara. Selain salmon, Anda bisa mengonsumsi makerel atau sarden sebagai alternatif.

4. Telur

Telur merupakan bahan pangan pendukung nutrisi yang paling baik. Kandungan vitamin D, vitamin B6, dan vitamin E dalam telur bisa membantu melawan reaksi PMS yang memicu rasa tidak nyaman pada tubuh. Ketiganya mampu mengendalikan senyawa kimia pada otak yang memicu terjadinya PMS.

5. Pisang

Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang meringankan rasa kembung pada perut. Kandungan potasium yang terlalu sedikit bisa memicu terjadinya kram otot. Satu buah pisang dapat menggantikan kalium yang hilang, misalnya karena berolahraga selama 1 hingga 2 jam. Anda kurang menyukai pisang? Jangan khawatir karena jeruk bisa menjadi penggantinya.

6. Teh chamomile

Teh chamomile direkomendasikan untuk mengatasi nyeri haid karena membantu meredakan kejang otot dan mengurangi keparahan kram menstruasi. Secangkir teh chamomile bebas kafein yang alami bisa meringankan gejala PMS, mengurangi rasa gelisah, sekaligus sifat mudah tersinggung yang disebabkan karena berubahnya hormon ketika haid datang. Selain teh chamomile, Anda bisa mencoba jenis teh herbal lainnya sesuai selera.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa membantu mengatasi nyeri haid. Kacang-kacangan mengandung vitamin B6 dan magnesium yang bisa membantu Anda meredakan gejala nyeri haid. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dalam bentuk selai. Namun, jika ingin lebih sehat, Anda bisa mengolah kacang-kacangan dengan cara dikukus atau direbus.

Baca juga: Berhubungan Seks saat Haid, Aman atau Jangan? Ketahui 6 Faktanya!

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)