Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Waktu yang Tepat untuk Bercinta Setelah Operasi Caesar

Waktu yang Tepat untuk Bercinta Setelah Operasi Caesar

Proses persalinan tidak selamanya berjalan normal. Ada kalanya, kelahiran bayi dilakukan melalui tindakan operasi caesar.

Setelah menjalani operasi caesar, seorang wanita kemungkinan akan merasakan nyeri di sekitar area perut selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Selama periode tersebut, mungkin saja Moms merasa takut untuk berhubungan seks dengan Dads dan bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk bisa kembali bercinta.

Menurut situs Healthline, sebagian besar wanita yang melalui persalinan melalui operasi caesar biasanya mengalami kesulitan untuk kembali berhubungan intim. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, antara lain rasa nyeri di area perut dan kekhawatiran jika berhubungan seks akan merusak jahitan bekas operasi.

Bukan itu saja masalahnya. Berbeda dengan ibu yang melahirkan secara normal, ibu yang melahirkan melalui operasi caesar biasanya akan mengeluarkan perdarahan nifas lebih sedikit karena sudah dibersihkan pada saat operasi. Meski begitu, perdarahan tersebut tetap bisa terjadi hingga 6 minggu lamanya.

Waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah operasi caesar

Jadi kapan seorang wanita bisa kembali berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar? Pada dasarnya, tidak ada ketentuan pasti kapan Moms bisa kembali bercinta. Namun, pada umumnya, Anda perlu waktu pemulihan selama 4-6 pekan setelah menjalani operasi caesar untuk bisa kembali berhubungan seks. Di masa ini, leher rahim biasanya sudah kembali menutup dan perdarahan diharapkan sudah berhenti.

Akan tetapi, faktanya, proses pemulihan masing-masing wanita bisa berbeda. Ada yang lebih cepat, tapi ada pula yang lebih lambat pemulihannya. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan kondisi Anda.

Baca juga: Penyebab Luka Bekas Caesar Gatal dan Cara Mengatasinya

Masalah yang mungkin dihadapi

Di sisi lain, seorang ibu yang melahirkan secara caesar bisa saja pulih secara fisik, tapi tidak secara mental. Beberapa hal yang mungkin membuatnya merasa kurang bergairah untuk kembali berhubungan seks di antaranya adalah:

1. Rasa khawatir yang berlebihan

Dalam beberapa kasus, proses pemulihan fisik berjalan dengan baik, tapi rasa khawatir yang berlebihan, misalnya takut berhubungan seks akan merusak jahitan pascaoperasi, bisa membuat gairahnya menurun.

2. Kelelahan

Setelah melahirkan, seorang ibu biasanya akan mengalami kelelahan karena harus mengurus dan menyusui bayinya. Apalagi selama beberapa bulan pertama, Si Kecil kerap terbangun di malam hari. Alhasil, tenaga ibu pun akan terkuras dan ia jadi kurang bergairah untuk berhubungan seks.

3. Stres dan kurang tidur

Hal lain yang yang mungkin menyebabkan seorang ibu enggan berhubungan seks setelah melahirkan adalah stres dan kurang tidur yang kerap dialami setelah melahirkan. Apalagi jika stres yang dirasakan cukup berat sehingga membuatnya merasa kewalahan atau bahkan mengalami depresi postpartum.

Hal-hal tersebut memang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman atau enggan cepat-cepat berhubungan seks lagi setelah operasi caesar. Meskipun begitu, Anda disarankan untuk membicarakan masalah ini dengan suami sehingga bisa dicarikan solusinya. Jika diperlukan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya, seperti dokter atau psikolog, guna mengatasi masalah ini, Moms. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)