Type Keyword(s) to Search
BABY

Perut Kembung pada Bayi, Begini Cara Tepat Mengatasinya

Perut Kembung pada Bayi, Begini Cara Tepat Mengatasinya

Moms, bayi Anda memang belum makan macam-macam, tetapi Si Kecil juga bisa mengalami masalah perut kembung, lho. Sebenarnya masalah perut kembung yang kerap dialami bayi merupakan hal yang wajar terjadi karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi dengan sempurna.

Meskipun begitu, gangguan ini sering kali bisa membuatnya merasa tidak nyaman, sehingga bayi Anda mungkin akan jadi mudah rewel dan sering menangis tanpa alasan. Bila orang dewasa menderita perut kembung, maka mereka bisa dengan mudah mengeluarkan gas berlebih dalam perut. Tetapi bila bayi yang mengalami kembung, ia belum bisa mengeluarkan gas berlebih itu dengan sendirinya.

Lalu, apa sih sebenarnya yang menyebabkan bayi mengalami perut kembung dan bagaimana cara mengatasi perut kembung yang terjadi pada Si Kecil dengan tepat dan mudah? Tidak perlu langsung panik saat bayi Anda terkena masalah ini ya, Moms. Yuk, baca penjelasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab dan gejala perut kembung pada bayi

Ada banyak hal yang bisa membuat perut bayi kembung dan yang paling sering menyebabkan masalah ini antara lain adalah:

1. Posisi menyusui yang kurang tepat sehingga udara ikut terisap.

2. Bayi tidak segera disusui saat lapar sehingga udara masuk ke dalam perut.

3. Bayi, terutama yang tidak tahan laktosa, diberi susu formula, sehingga kandungan laktosanya menyebabkan gas terkumpul dalam usus.

4. Bayi yang menyusu memakai botol susu dengan ujung dot yang kecil dan sempit bisa membuatnya menelan lebih banyak udara dan menyebabkan perutnya kembung.

5. Bayi usia 6 bulan mendapat makanan tambahan yang berisiko penumpukan gas di pencernaan semakin besar. Ini disebabkan masa peralihan dari susu ke makanan padat rentan mengakibatkan gangguan pencernaan dan pengaliran makanan.

Jika Si Kecil menderita perut kembung, ia akan mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Menangis terus-menerus
  • Menarik-narik kakinya ke arah perut
  • Sering buang angin
  • Perutnya terasa keras setelah makan.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Beberapa cara berikut ini ampuh untuk mengatasi keluhan perut kembung pada bayi.

1. Disendawakan. Mungkin ini cara termudah untuk mengeluarkan gas dari perut bayi agar tidak kembung. Jika bayi tidak sendawa setelah minum susu, coba baringkan sejenak, kemudian coba lagi dalam beberapa menit dengan menepuk lembut punggungnya.

2. Pijat lembut perut bayi. Caranya, posisikan bayi telentang. Pijatlah perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam hingga ia buang angin.

3. Gerakkan kakinya. Coba posisikan bayi telentang di kasur, kemudian angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti gerakan mengayuh bersepeda. Ini efektif mengurangi gas berlebih dari perut bayi yang membuatnya kembung.

4. Mandi air hangat. Coba biarkan bayi berendam sejenak di bak berisi air hangat. Ini cukup membantu meredakan kembung, Moms.

5. Ganti botol. Jika Anda curiga bayi kembung karena banyak menelan udara dari botol susunya, coba ganti dengan botol yang dotnya mengalirkan susu lebih pelan.

6. Ganti posisi menyusui. Jika Anda memberi susu dari botol, pastikan posisi kepalanya lebih tinggi daripada perutnya. Posisi ini memastikan susu yang ia minum masuk ke perut dan udara ke atas, sehingga ia bisa disendawakan lebih mudah.

Namun, jka cara-cara di atas belum berhasil, Moms sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Mungkin perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab kembung. (M&B/SW/Foto: Freepik)