Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

9 Kondisi Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Tangan Anda

9 Kondisi Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Tangan Anda

Tubuh diibaratkan sebagai mesin yang hebat karena bisa memberi tahu Anda tentang kondisi kesehatan Anda. Bila biasanya perubahan berat badan atau perubahan suhu tubuh menjadi sinyal adanya masalah kesehatan, tangan yang merupakan salah satu anggota tubuh kita ini juga bisa menjadi indikator penting tentang apa yang terjadi di tubuh kita.

Jika sebelumnya Anda mungkin memilih untuk mengabaikannya, kini sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa tanda atau sinyal yang diperlihatkan tangan Anda tentang kesehatan tubuh Anda, Moms. Berikut ini 9 kondisi kesehatan yang bisa dilihat dari tangan Anda.

1. Kesemutan di tangan dan jari

Bila Moms mengalami kesemutan di tangan dan jari Anda, mungkin berarti Anda tidak mendapat asupan vitamin B1, B6, B12, dan/atau vitamin E yang cukup. Maka perhatikanlah apa yang Anda makan dan mulailah menambah suplemen makanan ke dalam rutinitas harian Anda. Jika Moms masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga: 9 Penyakit yang Ditandai dengan Gejala Kesemutan

2. Ujung jari berwarna biru

Ini menunjukkan sirkulasi yang buruk atau kadar oksigen yang rendah dalam darah. Meski sering kali tidak berbahaya, tetapi jika kondisinya disertai pneumonia, bisa jadi ini pertanda Anda mengalami penyakit paru-paru.

3. Mati rasa di bagian ujung jari

Ini juga bisa mengindikasikan masalah dengan sirkulasi darah. Selain itu, bisa pula merupakan akibat dari saraf terjepit atau penyakit kardiovaskular.

4. Jari berwarna putih atau biru dan mati rasa

Ini bisa menjadi tanda penyakit Buerger, yaitu penyakit peradangan dan pembengkakan pada pembuluh darah. Biasanya ini disebabkan oleh kebiasaan merokok yang terlalu sering atau berat.

5. Bantalan kuku pucat

Bila Anda menekan bantalan kuku Anda sebentar, warnanya akan berubah menjadi putih, tetapi kemudian akan kembali menjadi merah muda. Hal ini normal. Namun jika bantalan kuku tetap terlihat putih, ini mungkin pertanda Anda kekurangan zat besi.

Baca juga: 13 Kondisi Kuku Kaki yang Bisa Menandakan Penyakit

6. Tangan gemetar

Sering stres dan terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat tangan Anda gemetar. Pastikan Anda memperhatikan asupan kafein dan tingkat stres Anda. Bila Anda tak yakin dengan hal ini, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah ini menjadi tanda awal parkinson.

7. Bercak merah di tangan

Jika bercak merah pada telapak tangan Anda tidak hilang, konsultasilah pada dokter untuk memastikan apakah ini menjadi tanda awal penyakit liver.

8. Jari-jari bengkak

Bengkaknya jari-jari mungkin menjadi pertanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Cobalah makan lebih sedikit dan lihat apakah ini bisa membantu menahan lebih sedikit air pada tangan Anda.

9. Telapak tangan berkeringat

Ini mungkin terjadi akibat dari kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Jika Anda sering mengalaminya, hubungi dokter Anda untuk mencari tahu kondisi kesehatan Anda.

Baca juga: Waspada, Keringat Dingin Bisa Tandakan 9 Penyakit Ini!

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)