Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ragam Manfaat Konsumsi Petai Cina yang Jarang Diketahui

Ragam Manfaat Konsumsi Petai Cina yang Jarang Diketahui

Sebagai orang Indonesia, Moms tentu sudah tidak asing dengan petai berukuran besar yang beraroma khas. Namun, pernahkah Anda mengonsumsi petai cina? Bahan makanan dengan nama lain lamtoro ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan tidak memiliki aroma khusus.

Petai cina sendiri berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan menyebar ke negara tropis lainnya, termasuk ke Indonesia. Biji petai cina memiliki bentuk lonjong dan pipih, berwarna hijau saat muda dan cokelat jika sudah cukup tua. Selain ditumis, Anda juga bisa mengolah petai cina menjadi botok atau tambahan sambal.

Kandungan nutrisi di dalam petai cina pun sangat baik untuk tubuh Anda, mulai dari protein, serat, flavonoid, vitamin A, vitamin B, dan memiliki kalori yang rendah. Meski umumnya dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan, petai cina ternyata kaya akan manfaat, di antaranya:

1. Mengatasi Masalah Cacingan

Cacingan menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan, terutama pada anak-anak. Kondisi ini akan membuat Si Kecil kesulitan menambah berat badan. Moms dapat memberikannya petai cina yang mengandung saponin sebagai obat alami. Senyawa ini mampu membasmi serta mengeluarkan cacing gelang dan cacing cincin dari dalam tubuh Si Kecil.

2. Meredakan Penyakit Psoriasis

Penyakit kulit psoriasis cukup sulit untuk disembuhkan dalam waktu cepat dan dapat menjalar ke hampir seluruh tubuh. Apabila tidak segera ditangani, maka kulit bisa menjadi kering dan kasar, muncul kemerahan, serta timbul rasa gatal yang cukup menyiksa.

Mengonsumsi petai cina akan membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Kandungan saponin di dalamnya ternyata juga dapat menghasilkan kolagen, sehingga mampu mengurangi pembengkakan. Anda bisa memakan petai cina langsung atau menghaluskannya untuk kemudian ditempelkan ke kulit selama beberapa menit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain meredakan psoriasis, ekstrak dari petai cina juga dapat memaksimalkan perawatan kulit. Pembentukan kolagen yang baik dalam sel-sel kulit akan mencegah kulit kusam, kering, dan berkeriput. Kulit Anda pun akan tetap terhidrasi dan elastis karena nutrisi yang dibutuhkan dapat tercukupi dengan baik.

4. Sebagai Obat Analgesik

Tak hanya bijinya, kulit pohon dari petai cina juga dapat menjadi obat alami analgesik atau penghilang rasa nyeri. Kulit dari batang pohon yang diambil dapat dihancurkan, lalu dikonsumsi untuk menghilangkan nyeri otot maupun kram saat menstruasi.

5. Menetralisir Racun

Tubuh yang terpapar radikal bebas dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Petai cina pun mampu membantu menetralisir racun dalam tubuh, karena keberadaan senyawa polifenol di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi petai cina secara langsung atau mengambil ekstraknya dengan cara diseduh.

6. Mencegah Diabetes Melitus

Beberapa jurnal kesehatan menyebutkan bahwa petai cina dapat mencegah serta mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengonsumsinya, hormon insulin dalam tubuh akan meningkat sehingga kadar gula darah menjadi lebih rendah atau stabil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Agrowindo.com)