Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Stroberi Turunkan Tekanan Darah

Stroberi Turunkan Tekanan Darah

Sebuah uji coba sedang dilakukan oleh Florida State University, dan melibatkan 60 wanita yang telah mengalami menopause dengan tekanan darah yang sedang hingga tinggi. Menurut sumber Daily Mail, para wanita dalam penelitian tersebut rata-rata memiliki tekanan darah lebih dari 130/85, tetapi kurang dari 160. Tinggi tekanan darah pasca menopause ini biasanya dikarenakan adanya perubahan hormonal dan berat badan.

 

Dalam penelitian ini, mereka akan diminta mengonsumsi buah stroberi sekali dalam sehari, selama delapan minggu. Kemudian, tekanan darah mereka sebelum dan setelah penelitian akan dibandingkan, apakah asupan stroberi yang mereka konsumsi tersebut akan memengaruhi tekanan darah mereka. 

 

Buah stroberi memang dinilai kaya akan antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah dengan relaksasi endotelium, lapisan dalam pembuluh darah. Relaksasi endotelium memperlebar arteri, dan dapat mengurangi tekanan. Jadi, sebelum menopause tidak ada salahnya menjaga kesehatan Anda sejak dini dengan asupan rutin stroberi dan buah-buahan lainnya. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)

 

BACA JUGA: Pola Makan untuk Tekanan Darah Tinggi