Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Selain Lezat, Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Wajah

Selain Lezat, Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Wajah
Selain Lezat, Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Wajah!

Pisang tampaknya menjadi buah yang disukai oleh hampir semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Wajar saja jika kemudian buah berwarna kuning ini dijuluki sebagai salah satu buah paling populer di dunia.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, pisang juga dikenal akan berbagai manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Buah ini mengandung beberapa nutrisi penting dan memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat pisang bagi kesehatan dan wajah Anda, Moms.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang mengandung cukup banyak serat yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Pisang mengandung dua jenis serat utama, yakni pektin dan pati resisten. Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa pektin dapat membantu mencegah kanker usus besar, sementara pati resisten dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di usus Anda.

Menurunkan berat badan

Sebenarnya, tidak ada penelitian yang secara langsung menyebutkan efek pisang pada penurunan berat badan. Namun, pisang memang memiliki beberapa kandungan yang membuatnya menjadi makanan yang ramah bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Sebagai permulaan, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Buah ini rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, meski begitu pisang dinilai sangat bergizi dan mengenyangkan. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan, termasuk pisang, telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain itu, pisang cenderung sangat mengenyangkan sehingga dapat mengurangi nafsu makan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tak hanya memiliki cukup serat, pisang juga merupakan sumber potasium yang baik. Mengonsumsi makanan tinggi potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang tidak kalah baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Mengandung antioksidan yang kuat

Buah-buahan dan sayuran, tidak terkecuali pisang, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Menurut studi pada tahun 2011, kandungan antioksidan terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Meningkatkan kesehatan ginjal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pisang merupakan sumber potasium yang baik. Tak heran jika buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebuah studi pada tahun 2005 menunjukkan bahwa orang yang makan pisang 2-3 kali per minggu memiliki kemungkinan 33% lebih kecil untuk mengembangkan penyakit ginjal. Studi lain mencatat bahwa orang yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit ginjal daripada mereka yang tidak makan buah ini.

Mencegah kanker

Uji laboratorium menemukan bahwa lektin, yakni protein yang terkandung pada pisang, diketahui dapat membantu mencegah sel leukemia tumbuh. Lektin bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas berbahaya. Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berpotensi menyebabkan kanker. Dikutip dari Medical News Today, pada tahun 2004, para peneliti mencatat bahwa anak-anak yang mengonsumsi pisang, jus jeruk, atau keduanya ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena leukemia.

Menurunkan kadar gula darah

Menurut American Diabetes Association, makan pisang dan buah lain yang mengandung serat disebut-sebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Studi pada tahun 2018 menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mencegah mengi pada penderita asma

Studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang diketahui dapat membantu mencegah mengi pada anak-anak penderita asma. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan potasium yang terkandung di dalam pisang. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkaya temuan mengenai manfaat pisang yang satu ini.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Moms tetap harus berhati-hati dan tidak makan pisang terlalu banyak. Mengutip Medical News Today, mengonsumsi terlalu banyak makanan kaya potasium dapat berbahaya bagi mereka yang ginjalnya tidak berfungsi penuh, karena jika ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan potasium dari darah, hal ini bisa berakibat fatal. Selain itu, bagi beberapa orang, mengonsumsi pisang dapat memicu reaksi alergi dan migrain. Reaksi yang lebih parah dapat menyebabkan anafilaksis, yang dapat mengancam jiwa.

Tak hanya memilki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata pisang juga memiliki beberapa manfaat untuk wajah, di antaranya:

Menghilangkan bekas jerawat

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2012, pisang diklaim dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi di kulit. Hal ini berkat bantuan kandungan vitamin A dan vitamin C dalam pisang yang bisa bermanfaat bagi bekas jerawat serta flek-flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Membuat kulit lebih glowing dan lebih cerah

Dikutip dari laman Stylecraze, pisang mengandung vitamin C yang bisa membantu membuat kulit jadi lebih glowing dan tampak awet muda. Seperti yang diketahui, pisang mengandung antioksidan. Ini dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini pada kulit. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Lifeforstock/Freepik)