Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Buah yang Perlu Dikonsumsi untuk Bantu Penyembuhan COVID-19

5 Buah yang Perlu Dikonsumsi untuk Bantu Penyembuhan COVID-19

Sejauh ini belum ada obat yang terbukti efektif untuk melawan COVID-19. Satu-satunya yang bisa diandalkan adalah sistem kekebalan tubuh untuk mengalahkan virus corona di dalam tubuh. Jika kita terpapar COVID-19, dokter dan tenaga kesehatan akan menyarankan untuk mengonsumsi obat dan vitamin guna mempercepat proses penyembuhan dan membantu meningkatkan imunitas tubuh guna melawan virus.

Salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin guna membantu proses penyembuhan lebih optimal adalah buah-buahan. Sejumlah buah diketahui kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mempercepat pemulihan. Nah, berikut ini beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi setiap hari dan baik untuk penyembuhan COVID-19.

1. Jeruk

Tubuh kita tidak bisa menghasilkan vitamin C. Karena itu, dibutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin C untuk memperolehnya. Jeruk merupakan buah yang punya kandungan vitamin C tinggi. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

Hampir semua jenis jeruk kaya akan vitamin C, mulai dari jeruk sunkist, jeruk ponkam, jeruk lokal, jeruk bali, hingga jeruk nipis, jadi Anda bisa bebas memilih jenis jeruk mana saja yang Anda suka untuk Anda konsumsi.

2. Semangka

Penderita COVID-19 harus menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik dan jangan sampai kekurangan cairan. Badan kesehatan dunia (WHO) pun mengingatkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air yang cukup. Selain minum air putih, mengonsumsi buah yang tinggi kandungan airnya juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh, lho.

Nah, Anda bisa pilih semangka untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Buah ini memang dikenal punya kandungan air yang sangat tinggi. Di samping rasanya yang menyegarkan, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C serta berbagai mineral untuk menjaga dan memperkuat imunitas tubuh.

3. Pepaya

Selain dikenal sebagai buah yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan, pepaya juga kaya akan vitamin C. Dilansir dari WebMD sebuah pepaya berukuran besar mengandung sekitar 250 mg vitamin C. Jumlah ini dua kali lebih banyak daripada asupan harian yang direkomendasikan.

Pepaya sendiri mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan meredakan radangan tenggorokan. Di samping itu, buah ini juga kaya akan vitamin A dan folat atau vitamin B9 yang merupakan vitamin yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat.

4. Jambu biji

Jika Anda mencari buah yang kaya vitamin C tinggi selain jeruk, jambu biji bisa jadi pilihan. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah ini lebih tinggi dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji berukuran sedang mengandung sekitar 130 mg vitamin C, jauh lebih kaya daripada buah jeruk.

Selain itu, jambu biji mengandung zat besi yang bisa membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Ada 2 jenis jambu biji, yang buahnya berwarna merah dan berwarna putih. Meskipun begitu, Anda bebas memilih yang mana saja untuk dikonsumsi karena sama-sama punya kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Stroberi

Stroberi adalah buah lain yang juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan analisis Ferric Reducing Ability of Plasma (FRAP), buah ini mampu menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 100 gram. Stroberi mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin yang berguna sebagai senyawa antiinflamasi.

Stroberi juga mengandung serat yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik dengan mendorong pertumbuhan bakteri usus baik, yang terkait dengan kekebalan tubuh dan membantu mengatasi peradangan. (M&B/SW/Dok. Freepik)