Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Karakteristik Anak Pertama

Karakteristik Anak Pertama

Ada banyak teori dan buku yang menyebutkan urutan kelahiran anak akan memengaruhi kepribadian mereka. Salah satunya adalah rata-rata orang beranggapan anak pertama akan menjadi sosok yang dewasa sebab sebagai anak yang lahir lebih dulu, ia dapat menjadi pelindung adik-adiknya.

 

Ia pun mendapatkan perhatian yang total dari kedua orangtuanya serta merupakan harapan untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Dilansir dari M&B AU, seorang terapis keluarga bernama Mironne menjelaskan, “Sering kali mendapatkan pujian, anak pertama biasanya menjadi pusat perhatian. Ia akan menghadapi tekanan untuk menjadi seseorang yang sesuai dengan ekspektasi orangtuanya. Selain itu, anak pertama umumnya dapat diandalkan, pekerja keras, dan gigih.”

 

Karenanya, sebagai orangtua Anda perlu membiarkan anak pertama untuk 'santai' agar ia tidak merasa tertekan. Kemudian jangan terlalu memaksakan banyak kehendak Anda kepadanya kelak, biarkan ia berkembang menjadi anak yang sehat dan kuat dengan cara membebaskannya melakukan berbagai aktivitas positif sesuai keinginannya. (Sagar/DT/Dok. M&B)