Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Alami untuk Menyembuhkan Bisul dengan Aman dan Cepat

6 Cara Alami untuk Menyembuhkan Bisul dengan Aman dan Cepat

Bisul atau yang dalam istilah medis disebut furunkel mungkin bukan penyakit berbahaya. Namun, nyeri yang disebabkannya bisa sangat mengganggu kenyamanan ya, Moms. Walau tidak berbahaya, tetap saja bisul harus ditangani dengan segera dan tepat, karena bisul adalah infeksi yang bisa meluas jika didiamkan begitu saja.

Bisul bisa tumbuh di mana saja, namun beberapa area tubuh yang paling sering muncul bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, paha, dan bahkan di area kemaluan. Lalu, bisakah gangguan ini diatasi dengan cara alami? Untuk mengetahui lebih detail mengenai bisul, simak info di bawah ini yuk, Moms!

Penyebab bisul

Mengutip WebMD, bisul adalah infeksi kulit yang dimulai di folikel rambut atau kelenjar minyak. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcal yang masuk ke tubuh lewat sayatan kecil di kulit atau masuk lewat folikel rambut. Masalah ini menyebabkan kulit merah, bernanah, dan meradang. Dalam 4-7 hari, benjolan radang akan mulai berubah warna menjadi putih karena nanah di bawah kulit sudah semakin banyak.

Bisul bisa terjadi pada lebih dari 1 titik lho, Moms. Ketika ada beberapa bisul yang muncul sekaligus di 1 area, maka infeksi yang lebih serius ini disebut dengan carbuncle. Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang lebih rentan mengalami infeksi kulit, yaitu diabetes, gangguan sistem imun, gizi buruk, tidak menjaga kebersihan diri, dan paparan zat kimia yang mengiritasi kulit.

Baca juga: Bisul pada Bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pengobatan alami

Jika bisul tergolong ringan, hanya 1, dan tidak disertai dengan keluhan atau penyakit lain, maka Moms bisa mengatasinya sendiri dengan cara alami, lho. Yuk, coba lakukan cara-cara alami berikut ini untuk meredakan bisul ringan, Moms.

1. Kompres hangat

WebMD menyarankan untuk memberikan kompres air hangat ke area yang muncul bisul. Jangan ditekan atau dilap dengan kencang ya Moms, cukup tempelkan saja. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah di area bisul, agar pasukan antibodi dan sel darah putih bisa mengalir lancar dan melawan infeksi bisul. Lakukan kompres air hangat selama 15-20 menit sebanyak 3-4 kali sehari hingga bisul sembuh.

2. Tea tree oil

Moms pasti sudah tahu keampuhan tea tree oil sebagai antibakteri dan antiseptik alami. Mengoleskan tea tree oil bisa membantu melawan infeksi di area bisul. Walau ampuh, jangan oleskan tea tree oil secara langsung di area bisul ya, Moms, karena Anda akan merasakan sensasi terbakar yang sangat menyiksa. Untuk itu, larutkan 5 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa murni, aduk rata, baru oleskan ke bisul menggunakan kapas. Lakukan 2-3 kali per hari.

3. Bubuk kunyit

Kunyit memiliki kandungan alami antibakteri dan antiradang yang baik untuk menyembuhkan bisul dengan cepat. Caranya, didihkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan air atau susu, tunggu dingin, minum 3 kali sehari. Anda juga bisa mengoleskan kunyit bubuk yang dicampurkan dengan air dan jahe, kemudian dijadikan pasta. Oleskan 2-3 kali sehari.

4. Garam epsom

Jenis garam ini memiliki kandungan yang mampu meredakan nyeri dan mengeringkan bisul. Caranya, larutkan garam epsom dengan air hangat, kemudian gunakan untuk mengompres bisul selama 20 menit. Lakukan ini 3-4 kali sehari.

5. Minyak jarak (castor oil)

Minyak jarak mengandung asam risinoleat, suatu antiradang alami yang bisa membantu meredakan bisul. Minyak jarak juga punya kandungan antibakteri yang baik lho, Moms. Untuk menggunakannya, Moms bisa langsung mengoleskan minyak jarak ke bisul, dan oleskan ulang sampai setidaknya 3 kali sehari. Lakukan ini secara rutin sampai bisul hilang, ya.

6. Minyak nimba (neem oil)

Ini adalah minyak hasil proses dari biji pohon nimba (Azadirachta indica), yang kaya akan kandungan antiseptik, antibakteri, dan antimikroba. Semua kandungan dalam minyak yang sering disebut Indian lilac ini tentu baik untuk mempercepat penyembuhan bisul ya, Moms. Caranya, oleskan minyak nimba secara langsung ke area bisul dan ulangi lagi sekitar 3-4 kali sehari.

Yang perlu diingat, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih sebelum melakukan semua cara alami untuk mengatasi bisul ya, Moms. Jangan lupa cuci tangan lagi setelahnya. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)