Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Hal yang Menyebabkan Gairah Seks pada Seseorang Menurun

8 Hal yang Menyebabkan Gairah Seks pada Seseorang Menurun

Seks merupakan salah satu bumbu penting dalam kehidupan pernikahan. Para pakar juga sepakat jika seks mampu membantu menjaga keintiman dan keharmonisan rumah tangga. Karena itu, kehidupan seks yang sehat sering kali menjadi salah satu indikator kebahagiaan pasangan dalam sebuah rumah tangga.

Namun, bagaimana jika setelah sekian lama menikah berhubungan seks mulai terasa kehilangan gairahnya? Ya, hal tersebut bukan tak mungkin terjadi. Hilangnya gairah seks dari waktu ke waktu merupakan hal yang umum dan wajar terjadi karena faktor usia. Dan yang perlu Anda ketahui, penurunan gairah seks tidak hanya dialami pria. Wanita pun bisa mengalami kondisi serupa.

Nah, selain karena bertambahnya usia, apa saja faktor penyebab yang bisa membuat sesorang kehilangan gairah seksnya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan pasangan suami istri mengalami penurunan gairah seks.

1. Kurang istirahat

Masalah dengan tidur atau waktu istirahat, seperti kurang tidur atau waktu tidur yang berantakan, bisa menyebabkan gairah seksual menurun. Kurang tidur bisa berdampak pada kadar hormon testosteron yang rendah. Hormon ini berperan besar untuk membangkitkan gairah seks seseorang.

Sebuah studi yang dimuat di The Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif pada gairah seksual. Karena itu, penting buat Anda memperbaiki waktu tidur agar lebih teratur dan tidak mengalami kekurangan supaya gairah seks Anda kembali lagi.

Baca juga: Perbaiki Kehidupan Seks Anda dengan Kebiasaan Tidur Ini, Moms!

2. Stres

Melansir WebMD, kondisi stres yang dialami seseorang bisa membuatnya tidak bersemangat dan kehilangan gairah seks. Saat mengalami stres atau depresi, kadar hormon kortisol akan meningkat drastis. Tingginya tingkat hormon kortisol tak hanya mengganggu suasana hati, tetapi juga membunuh gairah seks karena menekan produksi hormon testosteron.

3. Pengaruh obat-obatan

Medikasi yang dijalani dan konsumsi obat-obatan ternyata bisa menekan gairah seks seseorang. Contohnya, jika Anda mengonsumsi obat-obatan antidepresan, maka kemungkinan besar gairah seks Anda akan mengalami penurunan. Ini karena obat-obatan antidepresan memengaruhi produksi hormon, terutama hormon seks.

Baca juga: 5 Jenis Obat yang Bisa Menurunkan Gairah Seksual Anda

4. Terlalu banyak konsumsi makanan

Mengutip Men’s Fitness, konsumsi makanan jenis apa pun secara berlebihan bisa membunuh gairah seks seseorang. Hal ini karena kelebihan berat badan akan bisa berpengaruh dan bahkan mematikan gairah seks. Oleh sebab itu, makanlah secukupnya untuk tetap menjaga gairah seks Anda tetap membara.

5. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Amy Levine, seorang pakar seks, mengungkapkan bahwa konsumsi minuman beralkohol dalam kadar yang layak sebenarnya tidak akan menghilangkan gairah seks Anda. Namun, minuman alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan bisa mengakibatkan Anda kesulitan ereksi, kesulitan orgasme, bahkan ejakulasi dini.

6. Kurang olahraga

Kondisi tubuh yang kurang bugar sangat memengaruhi gairah seks seseorang. Melansir Insider, Dr. William Kolbe, penulis buku The Rejuvenating Power of Masturbation, menyatakan bahwa kurang olahraga bisa memengaruhi hormon dan gairah seks. "Sedentari, kenaikan berat badan, dan stres dapat menyebabkan perubahan produksi hormon, terutama hormon seks testosteron dan estrogen," ujarnya.

7. Obesitas

Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung sedikit atau bahkan tidak memiliki minat untuk berhubungan seks. Penderita obesitas umumnya merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya sehingga mereka juga memiliki gairah seks yang rendah.

8. Disfungsi ereksi

Dilansir dari WebMD, pria yang memiliki gangguan disfungsi ereksi sering kali merasa khawatir terkait cara mereka bisa berhubungan seks. Rasa khawatir itu secara perlahan bisa menghilangkan keinginan untuk melakukan hubungan intim yang pada akhirnya akan menurunkan gairah seks mereka. (M&B/SW/Foto: Gpointstudio/Freepik)