Type Keyword(s) to Search

Anak Praremaja Sering Bau Badan, Ini Bahan Alami untuk Mengusirnya

Anak Praremaja Sering Bau Badan, Ini Bahan Alami untuk Mengusirnya

Bagi beberapa orang, bau badan merupakan salah satu gangguan yang susah dicarikan solusinya dan bisa berakibat pada turunnya kepercayaan diri. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak yang memasuki usia praremaja juga mulai mengalami masalah ini karena pubertas yang dialami serta melonjaknya hormon tubuh.

Umumnya, bau badan yang tidak sedap ini berasal dari kelenjar keringat di ketiak. Bakteri di permukaan kulit mengurai protein dari keringat yang keluar dari dalam tubuh. Dari proses inilah munculnya senyawa asam yang berbau menyengat dan tidak sedap. Saking menyengatnya, terkadang, bau badan akan membuat orang di sekitar menjauh, sehingga membuat anak jadi tidak pede, Moms.

Penggunaan deodoran dan antiperspiran merupakan beberapa cara sementara untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Namun jika Moms ingin memakai bahan-bahan alami, dilansir dari Times of India, sejumlah bahan ini bisa Anda pakai untuk mengusir bau badan. Penggunaannya secara rutin akan membantu anak Anda yang sudah menginjak usia praremaja untuk melenyapkan bau badan, Moms.

1. Baking soda dan lemon

Campurkan dua sendok baking soda dengan satu sendok perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta, kemudian oleskan di kulit ketiak dengan gerakan memutar selama kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Kemampuan baking soda untuk menyerap bau tak sedap dan kemampuan perasan lemon untuk membunuh bakteri bisa melenyapkan bau ketiak yang tak sedap.

2. Cuka apel

Campurkan secangkir kecil cuka apel dengan setengah cangkir air bersih. Setelah itu, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Setiap malam menjelang tidur, semprotkan campuran ini ke permukaan ketiak. Kemudian di pagi hari, bersihkan ketiak menggunakan air hangat. Cuka apel efektif untuk membunuh bakteri yang berkembang di lipatan kulit.

3. Rock salt

Garam bertekstur kasar ini bisa digunakan untuk menyingkirkan bau keringat. Caranya, masukkan rock salt ke dalam seember air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk mandi. Gosok area ketiak lebih lama dibandingkan area tubuh lainnya. Garam ini bisa membunuh bakteri dan membersihkan area ketiak lebih sempurna daripada sabun biasa.

4. Kentang

Kentang juga bisa lho, kita gunakan sebagai bahan alami untuk mengusir bau tidak sedap yang ada di tubuh. Caranya, iris tipis kentang, lalu oleskan permukaan kentang pada kulit ketiak setiap pagi. Diamkan selama sekitar 30 menit, setelah itu bilas dengan bersih. Senyawa pada kentang bisa mengurangi aroma bau badan yang tak sedap.

5. Tomat

Air perasan tomat atau jus tomat juga bisa membantu untuk mengurangi bau badan. Caranya, campurkan air perasan tomat atau jus tomat dengan perasan lemon dan oleskan pada kulit ketiak. Biarkan selama 10 menit, setelah itu barulah bilas dengan air bersih. Tomat dan lemon bisa membunuh bakteri dengan maksimal.

6. Teh

Anda juga bisa menggunakan teh sebagai alternatif alami untuk menghilangkan bau badan. Kandungan tanin di dalamnya dapat membantu membuat kulit menjadi tetap kering dan mencegah keringat penyebab bau badan. Caranya, masukkan daun teh hijau ke dalam air mendidih dan diamkan hingga dingin. Saring teh dan oleskan pada area yang mudah berkeringat.

Nah Moms, bahan-bahan alami tersebut bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi bau badan tak sedap yang dialami anak praremaja Anda. Memang bahan-bahan alami tersebut tidak akan bisa melenyapkan bau badan anak selamanya, tetapi seperti telah disebutkan, jika digunakan secara rutin, bahan-bahan alami tersebut bisa membantu mengurangi kepekatan aroma bau badan tak sedap pada anak praremaja Anda, Moms. Silakan mencoba! (M&B/SW/Foto: chai89/123RF)