Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Punya Kulit Sensitif, Sebaiknya Anda Hindari Jenis Makanan Ini

Punya Kulit Sensitif, Sebaiknya Anda Hindari Jenis Makanan Ini

Anda yang punya kulit sensitif perlu ekstra hati-hati karena banyak hal yang bisa memicu timbulnya iritasi atau reaksi alergi pada kulit. Selain selektif dalam memilih produk perawatan tubuh, pemilik kulit sensitif juga perlu selektif dalam memilih makanan.

Menurut sebuah penelitian, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mempercepat munculnya peradangan sehingga menimbulkan gejala atau masalah pada kulit yang sensitif. Berikut adalah beberapa jenis dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: 10 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

1. Makanan dengan kandungan gluten

Gluten merupakan jenis protein yang ditemukan di dalam sumber makanan seperti gandum, barley, dan gandum hitam. Secara khusus, gluten dapat memengaruhi kulit sensitif karena protein tersebut mampu menghancurkan usus vili. Usus vili memiliki fungsi untuk membuat makanan di dalam usus terserap sempurna. Akibatnya, bisa timbul banyak gejala seperti gatal dan ruam di kulit. Orang dengan intoleransi gluten juga bisa mengalami berbagai masalah kulit jika terus mengonsumsi gluten.

2. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula disinyalir mudah memicu munculnya sel radang. Selain itu, makanan tinggi gula, seperti kue, permen, dan minuman berkarbonasi juga berisiko membuat jerawat lebih mudah timbul di wajah.

3. Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya termasuk jenis bahan makanan yang memiliki kecenderungan menimbulkan alergi atau intoleransi, khususnya bagi Anda pemilik kulit sensitif. Produk susu bisa menyebabkan munculnya rasa gatal, ruam, dan peradangan hingga memicu timbulnya jerawat.

Sementara itu, protein di dalam susu, air dadih, dan kasein dapat memicu alergi. Pasalnya, kasein dan air dadih sangat sulit dicerna tubuh. Apabila produk susu tersebut telah dipasteurisasi dan ditambahkan dengan pengawet, hormon, serta bahan kimia lainnya, kondisi peradangan pun makin rentan terjadi. Sebagai catatan, makanan olahan susu antara lain adalah keju, mentega, es krim, dan puding.

4. Putih telur

Ketika mengonsumsi putih telur, sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki kulit sensitif bisa menganggapnya sebagai zat asing. Alhasil, sistem kekebalan tubuhnya akan merespons dengan mengeluarkan histamin, yaitu zat inflamasi yang dilepaskan tubuh saat terjadi reaksi alergi. Akibat dari reaksi tersebut, akan muncul ruam dan gatal-gatal pada kulit. Itulah alasan mengapa Anda yang punya kulit sensitif sebaiknya menghindari konsumsi putih telur secara berlebihan.

5. Kedelai

Alergi protein dari kacang kedelai sangat umum terjadi. Orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami gatal-gatal atau munculnya jerawat setelah mengonsumsi kedelai. Alergi kedelai bisa menyebabkan kulit jadi memerah. Makanan yang mengandung kedelai antara lain adalah roti, sereal, tempe, dan tahu.

6. Anggur

Semua orang yang memiliki kulit sensitif harus menghindari buah anggur merah dan anggur putih. Kandungan tanin di dalam anggur merah bisa menyebabkan gatal-gatal atau kemerahan pada kulit sensitif. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)