Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

10 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Pernah mendengar ungkapan "Kamu adalah apa yang kamu makan"? Ya, ungkapan ini menunjukkan pentingnya makanan dalam membentuk diri kita, Moms. Dengan makanan yang benar, tubuh bisa tetap sehat dan bugar. Begitu juga dengan kulit kita.

Kulit punya peran penting buat tubuh, misalnya untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, kuman, atau virus, mengatur suhu tubuh, dan sebagai indra peraba. Karena itu, penting buat kita menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat dan mulus.

Ya, memiliki kulit yang sehat, mulus, dan cerah juga menjadi dambaan banyak orang, terutama kaum wanita. Bahkan tak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat. Namun, Anda juga bisa memperolehnya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kulit sehat dan cerah.

Mengutip Eat This, Not That!, Brenda Braslow, MS, RDN, LDN, CDECES, pakar diet, mengatakan, "Nutrisi adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit." Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan kulit dan mencerahkannya.

1. Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon, kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C bisa membantu menenangkan kulit dari inflamasi, mencerahkan flek hitam, dan meratakan warna kulit.

2. Paprika

Satu cangkir paprika mengandung vitamin C 3 kali lebih tinggi daripada sebuah jeruk. Vitamin ini mampu menjaga kesehatan kulit, menjaganya tetap kencang, dan tentu saja mencerahkan. Tak hanya itu, paprika juga kaya vitamin E yang mampu menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

3. Kunyit

Rempah ini telah lama dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Faktanya, kunyit mengandung antioksidan bernama curcumin yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas terbukti memiliki efek buruk bagi kulit, seperti membuat kusam, kering, dan berkerut.

Baca juga: Tips Merawat dan Mengatasi Masalah Kulit Kering pada Wajah

4. Tomat

Sebagai salah satu sumber terbaik lycopene, sejenis antioksidan, tomat bisa membantu mencegah keriput pada kulit dan menjaganya tetap sehat optimal. Tak hanya itu, tomat juga berkhasiat mencegah penyakit jantung, lho!

5. Wortel

Sayuran berwarna cerah seperti wortel mengandung tinggi vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan karetenoid. Berbagai nutrisi ini bisa membantu mencegah produksi sel kulit berlebihan, sehingga mengurangi risiko penyumbatan sebum pada pori-pori kulit. Hasilnya, kulit pun terhindar dari jerawat dan kusam.

6. Alpukat

Buah alpukat tinggi akan lemak baik dan vitamin E yang mampu menjaga kulit tetap lembap dan cerah. Kedua nutrisi ini berperan besar untuk menjaga fungsi lapisan kulit dan mencegah menguapnya air yang berlebihan dari kulit. Kulit yang kering akan tampak kusam dan tak sehat.

7. Brokoli

Sayuran ini memang terkenal mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tak terkecuali untuk menjaga kulit sehat dan cerah. Brokoli mengandung banyak vitamin C, sehingga bisa mendorong produksi kolagen untuk mencegah penuaan dini dan kulit kusam.

8. Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon tak hanya mampu menjaga kesehatan jantung, tapi juga mendorong produksi kolagen pada kulit. Kolagen mampu menjaga jaringan kulit tetap kuat, kencang, dan terhindar dari kerutan.

9. Telur

Tak hanya tinggi protein, telur juga mengandung antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang bisa membantu menjaga kulit dari paparan sinar UV dan mendorong produksi sel kulit. Karena itu, kulit bisa tetap sehat, cerah, dan bersinar.

10. Jahe

Kaya akan antioksidan dan zat antiperadangan, jahe dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dengan optimal. Beberapa studi menunjukkan bahwa jahe punya efek menenangkan, menjaga vitalitas, dan mencerahkan kulit. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)