Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Langsung Tidur! Ini 6 Manfaat Afterplay Setelah Orgasme

Jangan Langsung Tidur! Ini 6 Manfaat Afterplay Setelah Orgasme

Bicara soal seks, Moms dan Dads pasti sudah tahu manfaat foreplay atau pemanasan sebelum bercinta. Ya, foreplay membuat seks terasa lebih menyenangkan karena ada ikatan fisik dan emosi yang memuncak, sehingga orgasme pun jadi lebih mudah didapat.

Sayangnya, banyak pasangan yang mengira momen bercinta sudah selesai setelah adanya orgasme. Padahal ada afterplay atau momen romantis yang penting dilakukan setelah bercinta. Afterplay ini juga tak kalah pentingnya dari foreplay lho, Moms dan Dads! Mau tahu lebih jauh soal afterplay dan apa saja manfaatnya? Read on!

Apa itu afterplay?

Moms dan Dads perlu ingat kalau seks melibatkan foreplay, intercourse, dan afterplay. Jika foreplay adalah momen penggugah selera sebelum mulai berhubungan intim (intercourse), maka afterplay adalah momen romantis yang menutup sesi bercinta dengan sempurna. Ya, setelah lelah bercinta dan orgasme, sebaiknya jangan langsung tidur! Anda perlu sentuhan romantis agar seks lebih bermakna dari sekadar kegiatan seksual.

Contoh aktivitas romantis yang dilakukan saat afterplay adalah berpelukan, memberi pijatan lembut untuk istri, bertukar kata-kata manis, atau sekadar saling bertatapan dengan belaian lembut. Semua hal sederhana itu membuat momen bercinta jadi lebih klimaks dan lebih sempurna, lho!

Manfaat afterplay

Bukan sekadar momen bermanja-manja tanpa manfaat, afterplay juga punya peran penting untuk dilakukan setelah orgasme. Melansir Health Site, setidaknya ada 6 manfaat afterplay, yakni:

1. Bonding lebih kuat

Salah satu tujuan afterplay adalah membungkus momen bercinta sebagai bahan bakar untuk menjalani hubungan rumah tangga dengan lebih harmonis. Dengan afterplay, ikatan kuat Anda dan pasangan akan lebih optimal, baik kekuatan ikatan fisik maupun emosional. Momen romantis saat afterplay sangat membantu memperkuat hubungan dan membuat Anda berdua jadi merasa lebih dekat.

2. Moms lebih tenang

Sedikit berbeda dari Dads yang mudah rileks, Moms butuh waktu agak lama untuk rileks dengan sempurna setelah bercinta. Ya, setelah orgasme, wanita tidak bisa berhenti bercinta begitu saja dan langsung tidur, karena ia masih membutuhkan keintiman untuk menutup sesi bercinta. Karena itu, sangat penting bagi Dads untuk memberikan afterplay pada Moms, sebagai bentuk cinta dan rasa menghormati kebutuhannya akan momen intim yang membantu Moms rileks sempurna setelah orgasme.

3. Membentuk hubungan sehat

Memberikan afterplay tidak cuma membuat Moms bisa rileks dengan sempurna, tapi juga membuat hubungan rumah tangga lebih sehat dan penuh cinta. Ada unsur komunikasi dan sikap saling menyayangi dalam afterplay yang tentu merupakan 2 hal penting dalam pernikahan.

Afterplay memungkinkan Moms dan Dads untuk berbagi pikiran rumit yang biasanya sulit disampaikan dalam momen kasual. Belum lagi saling bertukar kata-kata manis saat afterplay, yang rasa bahagianya masih terasa hingga beberapa hari setelahnya.

4. Seks lebih menyenangkan

Setelah rutin melakukan afterplay, momen seks pasti akan (dan selalu) terasa lebih menyenangkan. Mengutip Health Site, ada penelitian di University of Kansas mengenai kebiasaan seksual. Menurut penelitian ini, wanita ternyata justru lebih menyukai foreplay dan afterplay dibandingkan momen hubungan intim (intercourse). Ketika wanita tahu foreplay dan afterplay akan sangat menyenangkan, maka ia akan memberikan yang terbaik di momen intercourse atau hubungan intim.

5. Membuka peluang ronde kedua

Satu ronde bercinta tak cukup? Afterplay bisa membantu membuka peluang untuk lanjut ke ronde berikutnya, Dads! Cobalah untuk memberikan kecupan mesra di belakang leher Moms, pijat lembut punggungnya, saling menggerakkan jari di tubuh pasangan, dan jangan kaget kalau setelahnya Moms dan Dads mulai memasuki ronde kedua. Ini juga memungkinkan Moms merasakan multiple orgasm, lho.

6. Meningkatkan peluang hamil

Salah satu aktivitas yang sering (dan paling mudah) dilakukan saat afterplay adalah berpelukan. Selain bisa meningkatkan bonding, berpelukan setelah bercinta juga akan bisa meningkatkan peluang kehamilan, Moms.

Menurut Health Site, saat orgasme dan setelah bercinta, wanita mengeluarkan hormon yang sangat kuat, yaitu oksitosin atau hormon cinta. Oksitosin membuat wanita ingin semakin dekat dengan pasangannya, yang juga menjadi cara untuk membuatnya merasa siap memiliki anak (lagi).

Hormon ini juga bertanggung jawab untuk membantu siklus reproduksi teratur, memberi wanita kebutuhan biologis untuk merawat bayi, membantu proses persalinan, dan menstimulasi produksi ASI serta proses menyusui juga. Ada begitu banyak manfaat afterplay. Jadi, jangan disepelekan ya, Moms dan Dads! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)