Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bukan Hanya untuk Rambut, Ini 9 Manfaat Luar Biasa Minyak Kemiri

Bukan Hanya untuk Rambut, Ini 9 Manfaat Luar Biasa Minyak Kemiri

Moms, Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai khasiat minyak kemiri, yang paling populer adalah untuk kesehatan rambut. Orang tua zaman dahulu sering kali mengoleskan minyak kemiri ke rambut anaknya dengan tujuan agar rambut Si Kecil menjadi hitam dan tebal, hal yang juga masih sering dilakukan oleh sejumlah orang tua saat ini.

Minyak kemiri adalah minyak yang diekstraksi dari biji pohon kemiri. Kemiri sendiri mengandung beberapa nutrisi, seperti asam lemak, sejumlah mineral, vitamin, dan antioksidan alami, yang sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan kulit. Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri yang perlu Anda tahu, Moms.

1. Menjadikan kulit sehat dan glowing

Minyak kemiri mengandung berbagai mineral penting, nutrisi, dan antioksidan, seperti vitamin A, C dan E, yang bisa membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan, sehingga menjadikan kulit tampak lebih sehat dan bercahaya (glowing).

Selain itu, menurut artikel yang dipublikasikan di jurnal Dermato Endocrinology, kandungan asam lemak dan vitamin E dalam minyak kemiri juga dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, melembapkan kulit kering, dan membuat kulit jadi lebih lembap, halus, dan kenyal.

2. Mencegah sunburn dan melindungi kulit dari sinar matahari

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak kemiri mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Sebagai antioksidan, ketiga vitamin ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit terbakar (sunburn), bahkan bisa melindungi kulit dari kerusakan lainnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Menyembuhkan luka ringan

Kandungan asam lemak dan antioksidan yang terdapat dalam minyak kemiri juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan luka ringan, seperti iritasi pada kulit, luka, luka bakar ringan, dan bekas luka.

Sebuah studi dalam Journal of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery melaporkan bahwa anak-anak dengan bekas luka operasi (ringan) yang dioleskan salep luka yang mengandung vitamin E diketahui tidak mengembangkan keloid (jaringan parut ekstra) di atas bekas luka mereka. Selain itu, mengoleskan vitamin E pada kulit yang terluka juga dapat mempercepat proses penyembuhan, meredakan pembengkakan, mengurangi rasa sakit, dan melindungi area tersebut dari segala bentuk infeksi.

4. Mengobati kondisi kulit tertentu

Minyak kemiri disebut-sebut dapat mengobati beberapa kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Ini karena minyak kemiri kaya akan asam lemak dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga membantu mengobati atau mengurangi risiko timbulnya kondisi kulit tersebut.

5. Mengurangi rambut rontok

Rambut rontok adalah hal yang umum terjadi. Namun jika kerontokan pada rambut terjadi dalam jumlah yang banyak, tentu saja ini terbilang tidak normal. Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan minyak kemiri.

Asam lemak yang terkandung di dalam minyak kemiri dapat membantu menghidrasi dan mengisi kembali rambut serta membantu menguatkan akar rambut sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, mengoleskan minyak kemiri juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru yang membuat rambut Anda jadi lebih tebal lho, Moms.

6. Mencegah rambut kering

Tak hanya mengurangi rambut rontok, minyak kemiri juga dapat membantu mencegah rambut kering. Sudah sejak lama minyak kemiri digunakan sebagai perawatan untuk rambut kering, terutama yang disebabkan karena paparan elemen kering dan panas. Hal ini berkat kandungan asam lemak dan asam amino dalam minyak kemiri yang dapat menembus batang rambut sehingga bisa memberi kelembapan dan mencegah rambut menjadi kering.

7. Mengobati kulit kepala kering, gatal, dan berketombe

Memiliki kulit kepala kering, gatal, dan berketombe tentu saja bisa sangat mengganggu, tetapi, minyak kemiri dapat mengatasi masalah ini. Kemampuan asam lemak dan asam amino dalam memberi kelembapan bisa membantu mengobati kulit kepala kering, gatal, dan berketombe.

8. Memberi kilau pada rambut

Manfaat minyak kemiri lainnya adalah memberi kilau sehat pada rambut Anda. Ini berkat asam linoleat di dalamnya yang efektif untuk mengembalikan kelembapan dan memberikan lebih banyak kilau sehat pada rambut.

9. Meningkatkan produksi kolagen

Anda perlu tahu Moms, seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Akibatnya, kulit Anda akan kehilangan elastisitas dan muncul tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, minyak kemiri ternyata dapat membantu meningkatkan produksi kolagen berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

Itulah manfaat luar biasa dari minyak kemiri untuk kesehatan kulit dan rambut. Tak heran jika banyak produk perawatan kulit dan rambut menggunakan minyak kemiri sebagai salah satu bahan di dalamnya karena berbagai manfaatnya tersebut. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Mikhail Nilov/Pexels)