Type Keyword(s) to Search

7 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

7 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Moms, familiar dengan bunga lawang? Jenis rempah satu ini seringnya disajikan dalam teh atau jahe hangat dan dipadukan dengan kayu manis. Selain itu, jenis bunga kering ini memiliki aroma serta dapat menambahkan cita rasa yang khas dalam suatu masakan.

Bunga lawang atau disebut juga star anise merupakan salah satu rempah yang berasal dari Tiongkok dan Vietnam. Rempah ini pun sering ditambahkan dalam masakan seperti kari, semur, atau sup. Tak hanya menguatkan cita rasa makanan, bunga lawang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, lho.

Dari bunga sekecil itu, terdapat beragam kandungan senyawa bioaktif yang kuat, seperti flavonoid dan polifenol. Senyawa ini mampu memaksimalkan fungsi kerja tubuh menjadi lebih baik. Lalu, apa saja khasiat dari bunga lawang untuk kesehatan Anda dan keluarga?

1. Berfungsi sebagai antioksidan

Di dalam bunga lawang terdapat minyak esensial linalool dan vitamin c yang menjadi sumber antioksidan alami. Kandungan ini mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan racun lingkungan lainnya.

Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga penuaan dini pada kulit. Sifat antiinflamasi pada bunga lawang juga mampu menurunkan risiko terjadinya peradangan, seperti reumatik dan bronkitis.

2. Bersifat antijamur dan antibakteri

Menurut penelitian dalam Korean Journal of Medical Mycology, esktrak dari bunga lawang memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Salah satunya adalah mengendalikan jamur Candida albicans penyebab penyakit kulit kandidiasis.

Kandungan anetol dan linalool di dalamnya pun terbukti sangat berpotensi dalam menghambat pertumbuhan infeksi jamur. Para ilmuwan di Taiwan juga menemukan ada 4 senyawa antimikroba di dalam bunga lawang. Karenanya, tanaman ini secara efektif bisa mengatasi 70 strain bakteri yang resistan alias kebal terhadap obat.

3. Mengatasi batuk dan pilek

Bunga lawang juga mengandung asam shikimat yang cukup tinggi. Dan menurut Journal of Medical Virology, dituliskan bahwa kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh dapat melawan serangan penyakit, terutama yang diakibatkan oleh virus. Anda cukup meminum secangkir teh ekstrak bunga lawang 3 kali sehari untuk membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

4. Baik untuk bumil dan busui

Kandungan senyawa pada bunga lawang juga aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Rempah sekaligus tanaman herbal ini dapat mencegah penyakit yang bisa dialami bumil.

Selain itu, senyawa antehole pada bunga lawang juga memiliki karakteristik yang mirip dengan hormon estrogen. Hormon ini dapat mengatur fungsi hormon pada wanita, sehingga mampu membantu meningkatkan produksi ASI selama menyusui.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Ternyata, bunga lawang juga mengandung serat yang mampu mengatasi masalah di sistem pencernaan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang ditambahkan rempah ini akan mengurangi risiko perut kembung, sembelit, dan kram perut.

6. Mengatasi gangguan tidur

Apabila Moms mengonsumsi ekstrak bunga lawang dari teh secara rutin, maka hal ini dapat membantu menenangkan saraf. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih rileks dan masalah gangguan tidur bisa teratasi. Hal ini tentu juga akan membuat kualitas tidur menjadi baik dan Anda tidak mudah stres.

7. Memaksimalkan kesehatan tubuh

Ada berbagai masalah kesehatan yang juga bisa teratasi dengan mengonsumsi bunga lawang secara rutin. Khasiat yang bisa Anda dan keluarga dapatkan di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meredakan gangguan menstruasi
  • Meringankan gejala menopause
  • Melindungi dari gigitan nyamuk
  • Meningkatkan libido.

Jadi, Moms bisa mulai menambahkan bunga lawang ke dalam menu masakan sehari-hari ataupun pada minuman yang disukai. Anda bisa memilih bunga lawang yang berasal dari China, karena dirasa lebih aman untuk diolah dan dikonsumsi dengan jumlah penggunaan yang sewajarnya. Apabila muncul gejala alergi akibat adanya tambahan bunga lawang pada makanan, segera konsultasikan ke dokter. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle