Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bukan Bunga Biasa, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Tubuh

Bukan Bunga Biasa, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Tubuh

Minum teh bisa menjadi satu momen yang menyenangkan sekaligus menenangkan untuk Moms. Dari banyaknya tumbuhan yang bisa dijadikan minuman teh, ternyata banyak yang menyukai teh dari bunga telang atau butterfly pea. Warnanya yang biru setelah diseduh bisa menjadi ungu setelah dicampurkan dengan air lemon dengan aroma yang juga khas.

Selain menjadi teh, bunga telang juga bisa diolah untuk menambah cita rasa makanan, karena bunga telang termasuk edible flower, sehingga bisa dicampurkan pada nasi, sayur sup, atau sebagai lalapan. Bahkan, ada juga es krim dan gelato dengan campuran bunga telang yang menjadi favorit orang dewasa maupun anak-anak.

Di balik warna biru yang cantik dan aroma yang khas, nyatanya bunga telang memiliki manfaat untuk tubuh. Mulai dari kesehatan sampai kecantikan, berbagai khasiatnya bisa Anda simak selengkapnya berikut ini, Moms.

1. Menenangkan pikiran

Pada beberapa penelitian, disebutkan bahwa bunga telang mengandung asam pamitat yang memiliki sifat antioksidan sekaligus berperan sebagai antidepresan alami. Kandungan ini pun dapat melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan dan mampu merelaksasi otot pembuluh darah halus. Hal tersebut akan membantu membuat pikiran menjadi lebih tenang, suasana hati juga terasa lebih baik, serta meredakan stres dan rasa cemas.

Baca juga: Tak Hanya Indah, 10 Bunga Ini Juga Melambangkan Ketenangan dan Kedamaian

2. Meningkatkan kesehatan otak

Mengutip Journal of Natural Remedies, bunga telang mengandung asetilkolin yang bisa membantu meningkatkan komunikasi pada otak. Jika Anda rutin mengonsumsinya dengan cara diminum atau dimakan, maka kinerja otak akan membaik. Seiring dengan bertambahnya usia, memori dalam otak akan terjaga dan kemampuan berpikir juga ikut meningkat.

3. Menurunkan risiko diabetes

Pada bunga telang juga terkandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya resistansi insulin yang dapat memicu diabetes. Mengonsumsi bunga telang secara rutin bisa membantu mengontrol penyerapan gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes maupun untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

4. Menjaga kesehatan mata

Ternyata terdapat bagian lain pada bunga telang yang mampu menjaga kesehatan mata, yaitu pada akarnya. Di Asia Tenggara, akar bunga telang dipercaya sebagai obat alami untuk mengobati infeksi mata seperti mata merah muda atau konjungtivitis. Bunga telang sendiri juga dianggap efektif dalam mencegah katarak dan glaukoma, memperbaiki penglihatan kabur, mengobati kerusakan retina, serta menenangkan mata yang meradang dan berair.

5. Meredakan gejala asma

Kandungan antioksidan dan antiastmatik ekstrak etanol dari akar bunga telang dapat melindungi bagian dalam tubuh dari gejala alergi. Hal ini dapat meredakan gejala asma yang dipicu alergen tertentu. Sifat laksatif alias pencahar dalam bunga telang juga dipercaya mampu mengeluarkan dahak pada penderita penyakit bronkitis kronis.

6. Kaya antioksidan

Seperti disebutkan, bunga telang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan melawan radikal bebas. Hal tersebut juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan dini pada kulit Anda.

7. Mengobati diare

Mengonsumsi bunga telang juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi masalah diare. Kandungan antiradang dan antibakteri di dalamnya dapat menjaga kinerja sistem pencernaan tetap baik. Sifat mikroorganisme yang terdapat pada bunga telang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, dan parasit lain, sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

8. Mengatasi rambut rontok

Dalam pengobatan Thailand Kuno, ramuan bunga telang telah lama digunakan untuk mengobati kebotakan pada pria dan adanya uban yang muncul terlalu dini. Selama berabad-abad, ramuan ini dipercaya secara turun temurun dan diklaim berhasil. Faktor utamanya adalah kandungan antosianin yang dipercaya bisa meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan mempertahankan serta memperkuat folikel rambut yang dapat mengatasi kerontokan rambut dan munculnya uban.

Memang ada banyak khasiat setelah Anda rutin mengonsumsi bunga telang. Namun, sesuatu yang berlebihan tentu tidaklah baik. Terlalu banyak mengonsumsi bunga telang justru bisa memicu timbulnya rasa mual. Karena itu, buat ibu hamil dan ibu menyusui, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum rutin mengonsumsi bunga telang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Jcomp/Freepik)