Type Keyword(s) to Search

Pilihan Mainan Terbaik buat Bayi di Satu Tahun Pertama Kehidupannya

Pilihan Mainan Terbaik buat Bayi di Satu Tahun Pertama Kehidupannya

Buat bayi, mainan tidak hanya bermanfaat untuk menghibur Si Kecil. Mainan juga bisa menjadi alat untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Jadi, jangan asal pilih mainan buat bayi Anda ya, Moms.

Mainan bayi memiliki banyak variasi. Mainan biasanya punya bentuk dan fungsi yang berbeda untuk setiap usia bayi. Berikut adalah beberapa pilihan mainan terbaik bagi bayi Anda selama 1 tahun pertama kehidupannya.

Mainan untuk membantu tummy time

Tummy time atau sesi tengkurap pada bayi memiliki peranan penting dalam perkembangan fisik Si Kecil, terutama dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Tummy time bermanfaat untuk mengembangkan otot-otot tubuh Si Kecil, khususnya otot leher, dada, bahu, dan lengan.

Selain itu, tummy time juga dapat melatih keseimbangan tubuh bayi agar bisa segera berguling, merangkak, duduk, dan berjalan. Nah, Moms bisa memberikan mainan berbentuk cermin sehingga bayi bisa melihat bayangannya sambil tengkurap, rattles, mainan yang bisa digigit, dan baby gym.

Mainan untuk perkembangan indra

Panca indra bayi juga perlu dilatih. Selain itu, menggunakan mainan yang berhubungan dengan panca indra bisa membantu Moms untuk mengetahui apabila ada masalah dengan salah satu indra Si Kecil. Ini mainan yang tepat untuk perkembangan indra bayi Anda:

  • Untuk melatih indra pendengaran, Moms bisa memberikan rattles atau mainan bayi yang mengeluarkan suara saat diremas.
  • Untuk melatih indra penglihatan, pilih mainan dengan warna-warna kontras. Anda juga bisa memberi bayi mainan dengan warna hitam dan putih.
  • Untuk melatih indra perasa atau sentuhan, Moms bisa memberikan mainan yang bisa diremas (squishy) atau bertekstur lembut seperti boneka yang bisa memberi kenyamanan bagi bayi. Selain itu, Anda juga bisa mencari mainan sensory set yang bisa memberikan kesempatan bayi untuk merasakan berbagai tekstur saat disentuh.

Mainan untuk memperkuat otot

Melatih otot bayi akan membuat ia lebih lihai dalam menggunakan kaki dan tangannya. Mainan yang bisa dipilih antara lain bola, stacking cup (mainan menyusun gelas), dan baby gym.

Mainan untuk melatih kemampuan berdiri

Pada umumnya, bayi sudah mulai belajar berdiri menjelang usia 1 tahun. Guna menstimulasi kemampuan dan keinginan Si Kecil untuk bisa menggunakan kakinya, Anda bisa memberinya mainan berupa activity tables. Dengan mainan seperti ini, anak akan bisa bermain sambil melatih kekuatan kakinya untuk bisa berdiri sendiri.

Mainan yang bisa mengajarkan komunikasi

Bukan hanya otot yang perlu dilatih, kemampuan bayi untuk berkomunikasi juga perlu diasah sejak dini. Caranya? Moms bisa memberikan buku-buku khusus bayi, seperti soft book. Akan lebih baik, jika buku tersebut memiliki fitur suara atau tekstur yang bisa disentuh dan dirasakan oleh bayi. Buku-buku yang mengeluarkan suara, seperti suara binatang, juga bisa membantu bayi untuk belajar mengidentifikasi hewan atau suara benda tertentu.

Tips memilih mainan bayi

Selain memperhatikan fungsinya sesuai usia Si Kecil, Moms juga tak boleh asal dalam memberikan mainan bagi bayi. Seperti dilansir Pathways.org, perhatikan hal-hal berikut ini ketika membeli mainan untuk buah hati Anda, Moms.

  • Sesuaikan dengan usia Si Kecil.
  • Mainan tidak memiliki bagian kecil yang mudah terlepas dan berisiko termakan oleh bayi.
  • Mainan tidak memiliki sudut yang runcing dan tajam.
  • Sebaiknya pilih mainan yang bisa dicuci.
  • Perhatikan label mainan untuk memastikan barang tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan beracun untuk bayi.
  • Sebaiknya beli mainan dengan merek yang dikenal kualitasnya.
  • Pilih mainan yang ukurannya tidak terlalu kecil atau terlalu besar (terlalu berat) untuk bayi.

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Master1305/Freepik)