Type Keyword(s) to Search

7 Cara Ampuh untuk Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

7 Cara Ampuh untuk Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Tampaknya hampir semua orang menginginkan rambut yang sehat, tebal, dan kuat. Menurut American Academy of Dermatology, kerontokan rambut antara 50-100 helai rambut per hari dinilai hal yang normal terjadi.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami kerontokan atau penipisan rambut lebih dari 100 helai per hari. Ada banyak penyebab yang bisa membuat rambut mengalami kerontokan dan penipisan, termasuk gaya hidup, genetik, kondisi medis tertentu, penggunaan produk perawatan rambut yang keras, dan penggunaan alat penataan rambut yang berlebihan.

Menumbuhkan rambut bukanlah perkara mudah, tetapi Anda bisa merawat rambut dengan cara-cara ini untuk mempercepat pertumbuhannya. Berikut 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat.

1. Membersihkan dan menstimulasi kulit kepala Anda

Jika Anda ingin menumbuhkan rambut, mulailah dengan merawat kulit kepala Anda. Ini karena kulit kepala yang meradang kronis–bisa disebabkan oleh scalp tension, penumpukan residu produk hair care dan kotoran, stres oksidatif, dan dermatitis–dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan rambut. Faktanya, sebuah penelitian dalam International Journal of Trichology melaporkan bahwa peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh stres oksidatif dapat menjadi salah satu penyebab utama kerontokan rambut pada orang dewasa.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda membersihkan kulit kepala dan rambut secara teratur. Saat keramas, pijat kulit kepala secara lembut untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang folikel rambut yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan begitu, Anda menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut sekaligus menstimulasinya.

2. Potong rambut secara teratur

Memotong rambut secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih panjang dan sehat. Ini karena memotong rambut dapat menghilangkan ujung bercabang yang merusak rambut Anda, menurut Michael Dueñas, seorang penata rambut selebriti.

Menghilangkan kerusakan rambut memberi kesan rambut Anda tumbuh lebih cepat. Bagaimanapun, ujung rambut bercabang yang patah dapat menyebabkan rambut Anda kehilangan kilau, volume, dan kelembutan.

3. Menjaga kelembapan rambut

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut adalah dengan menjaganya tetap lembap. Seperti yang ditunjukkan pada sebuah penelitian dalam International Journal of Trichology, rambut yang kering dapat membuatnya rapuh dan mudah patah, yang bisa menyebabkan penipisan rambut.

Menggunakan sampo yang mampu memberi kelembapan, kondisioner, hair oil, dan masker rambut dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Pada gilirannya, ini dapat mencegah kerusakan dan membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

4. Makan makanan bernutrisi

Memiliki rambut yang kuat dan tebal juga tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Dengan kata lain, untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu "memberi makan" rambut dari dalam. Jadi makanan apa yang membuat rambut tumbuh lebih cepat? Makanan tinggi protein, termasuk daging, ikan, telur, produk olahan susu, kacang-kacangan, tempe, dan biji-bijian.

Menurut Francesca Fusco, M.D., ahli dermatologi, seseorang yang tidak mendapatkan cukup asupan protein diketahui mengalami lebih banyak kerontokan rambut. Selain makanan tinggi protein, makanan tinggi vitamin A, C, dan E, mineral seperti zinc dan zat besi, serta asam lemak omega-3 juga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru dan kesehatan rambut.

5. Hindari menyisir rambut secara agresif

Perlu diingat bahwa menyisir rambut secara agresif dan kasar dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang akan menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut. Sederhananya, menyisir rambut secara lembut dan teratur dapat membantu merangsang akar rambut dan mendorong pertumbuhannya lebih cepat.

Namun, hindari menyisir rambut langsung setelah keramas atau saat masih basah, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti ujung bercabang dan rambut patah.

Jadi, bagaimana cara menyisir rambut yang benar? Mulailah dengan menyisir rambut dari bagian tengah ke ujung bawah rambut. Setelah itu, pindahkan sisir ke atas satu atau dua inci dari tempat Anda memulainya, dan lanjutkan menyisir ke bawah sampai menghilangkan semua bagian rambut yang kusut atau berantakan. Ulangi sampai rambut halus dan rapi. Pastikan Anda melakukannya secara lembut dan rambut tidak dalam kondisi basah.

Menyisir rambut dengan benar akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan rambut. Ini akan membantu mendistribusikan minyak alami dari akar hingga ujung rambut dan menstimulasi kulit kepala yang bisa memberikan kilau alami, membuat rambut lebih sehat, mendorong aliran darah, dan merangsang pertumbuhan rambut.

6. Istirahatkan rambut Anda dari alat styling rambut

Jika Anda ingin memperkuat dan menumbuhkan rambut, berikan rambut Anda waktu istirahat dari panasnya alat styling rambut. Alat styling rambut bekerja dengan memecah ikatan hidrogen pada rambut, dan ketika Anda melakukannya terlalu sering, ini dapat menyebabkan kerusakan rambut. Sebuah studi dalam jurnal Annals of Dermatology menyatakan bahwa terlalu sering menggunakan ​​alat styling rambut secara signifikan dapat menurunkan kadar air dan meningkatkan risiko kerusakan rambut.

Jika harus menggunakan alat styling rambut, pastikan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang dapat melindungi rambut dari panasnya alat penataan rambut.

7. Cobalah perawatan kafein untuk menumbuhkan rambut

Kafein adalah salah satu bahan yang sangat bagus untuk membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Bukan berbicara tentang minum secangkir kopi ekstra setiap pagi, tetapi menambahkan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Menurut Dhaval G. Bhanusali, MD, ahli dermatologi, kandungan kafein dalam produk perawatan rambut tidak hanya dapat membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut, tetapi juga melawan hormon yang bertanggung jawab atas kerontokan rambut. Pada gilirannya, ini dapat membantu menebalkan dan memanjangkan rambut. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Diana.grytsku/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle