Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Hal yang Menyebabkan Rambut Wanita Cepat Beruban

8 Hal yang Menyebabkan Rambut Wanita Cepat Beruban

Rambut adalah mahkota wanita, setuju dengan pendapat ini kan, Moms? Bahkan ada yang bilang, good hair, good day! Ya, bagi wanita, kesehatan dan kecantikan rambut memang sepenting itu. Tak heran banyak yang rela merogoh kocek besar untuk menjaga kecantikan rambutnya. Namun, seiring bertambahnya usia, uban menjadi hal yang tak terelakkan.

Dan, wanita kerap kurang percaya diri kalau sudah mulai ada uban menghiasi rambutnya, terlebih kalau ini terjadi prematur atau lebih cepat dari umumnya. Apa sih yang menyebabkan rambut wanita cepat beruban? Yuk, ketahui hal-hal yang menyebabkan rambut wanita cepat beruban.

Baca juga: Balita Bisa Beruban, Moms! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

1. Stres

Banyak yang bilang, stres membuat rambut cepat beruban. Benarkah? Ternyata jawabannya benar, seperti yang disampaikan oleh Leonica Kei, senior trichologist di Philip Kingsley Trichological Centre, Singapura, pada South China Morning Post. Menurutnya, premature greying atau munculnya uban lebih cepat dari waktunya bisa disebabkan oleh stres.

Warna rambut dan kulit Anda dikontrol oleh sel melanocyte yang berada di dasar folikel rambut. Ketika sel ini berhenti menghasilkan melanin (pigmen yang memberi warna pada rambut), maka rambut akan berubah menjadi uban.

"Menurut sebuah penelitian terbaru disebutkan bahwa hormon pemicu stres turut merusak sel-sel dari folikel rambut. Ketika ini terjadi, pigmen rambut Anda rusak dan rambut pun berubah menjadi uban," jelas Leonica.

2. Berkulit putih

Selain beberapa penyebab di atas, ras juga menentukan apakah Anda akan beruban lebih cepat lho, Moms. Mengutip WebMD, beberapa ras mengalami rambut beruban 10 tahun lebih cepat dari seharusnya.

Umumnya, ras kulit putih akan mengalami rambut beruban di awal usia 30 tahun, orang Asia mulai beruban di akhir 30 tahun, dan Afrika-Amerika beruban di pertengahan 40 tahun. Namun pada kasus premature greying, ras kulit putih akan mulai beruban di usia 20 tahun, Asia 25 tahun, dan Afrika-Amerika di usia 30 tahun.

3. Suka mencabut uban

Banyak yang bilang, kalau mencabut sehelai uban, 3 helai uban lainnya akan tumbuh. Itu enggak benar sih, Moms, tapi tetap saja Anda tidak perlu mencabut uban. Tak peduli berapa sering Anda mencabut uban, rambut putih itu akan terus tumbuh. Mencabut uban atau rambut justru bisa merusak folikel yang membuatnya tidak bisa menumbuhkan rambut lagi. Kalau terus dilakukan, kepala Anda bisa botak lho, Moms.

4. Suka panas-panasan

Entah sering berada di bawah sinar matahari langsung atau sering pakai hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut, semua panas itu menyiksa rambut yang bisa membuatnya kering. Akibatnya, rambut jadi rapuh, kasar, dan tentu saja bisa cepat beruban.

5. Merokok

Kebiasaan buruk ini benar-benar merusak tubuh dari ujung kaki hingga ujung rambut! Mengutip WebMD, ada penelitian yang menguak fakta bahwa perokok lebih mudah beruban 2,5 kali lebih cepat sebelum usia 30, dibandingkan mereka yang tidak merokok. Kebiasaan merokok juga bisa mengubah warna uban menjadi kekuningan.

6. Gangguan tiroid

Penyakit seperti gangguan tiroid juga bisa menyebabkan rambut wanita beruban lebih cepat. Diabetes atau masalah gula darah terlalu tinggi juga bisa menyebabkan wanita cepat beruban lho, Moms. Untuk itu sangat penting mengatur gaya hidup dan pola makan Anda agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang memicu rambut cepat beruban.

7. Kekurangan vitamin B12

Leonica juga menyebutkan kalau apa yang Anda konsumsi sangat memengaruhi rambut cepat beruban atau tidak. Terutama jika tubuh Anda kekurangan vitamin B12 atau biasa disebut pernicious anaemia. Vitamin ini banyak terdapat dalam daging sapi, salmon, tuna, dan produk susu seperti yoghurt atau keju. 

Jika Anda mencurigai rambut Anda mulai beruban karena kekurangan vitamin B12, maka Anda bisa mulai mengubah menu harian Anda dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi B12. Jika Anda vegetarian, B12 bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi suplemen B12, karena umumnya vitamin ini bersumber dari daging hewani.

8. Genetik

Anda boleh saja menyalahkan stres dan ras atas cepatnya rambut Anda beruban. Namun faktanya, genetik adalah hal yang paling menentukan apakah seorang wanita cepat beruban atau tidak. Jadi jika orang tua Anda cepat beruban ketika mereka masih muda dulu, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami premature greying juga.

Mengutip Allure, seiring bertambahnya usia Anda, maka kelenjar minyak di rambut juga akan menghasilkan lebih sedikit sebum (yang melubrikasi kulit dan rambut). Kondisi ini akan membuat sel folikel lebih kering, sehingga uban pun jadi cepat muncul. Uniknya, kemampuan ini dipengaruhi faktor genetik. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)