Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Menghilangkan Komedo Putih Membandel, Dijamin Ampuh!

7 Cara Menghilangkan Komedo Putih Membandel, Dijamin Ampuh!

Moms, Apakah Anda memperhatikan adanya benjolan putih bulat dan sangat poppable di wajah Anda? Itu adalah komedo putih (whitehead). Komedo merupakan salah satu masalah kulit umum yang dialami oleh hampir semua orang.

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur riset kosmetik & klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, komedo putih terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, kotoran, dan bakteri.

Komedo juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang berdampak pada meningkatnya produksi minyak, membuat pori-pori tersumbat, dan menyebabkan munculnya komedo yang kemudian akan berkembang menjadi jerawat.

Gangguan ini pun bisa disebabkan oleh faktor genetik, yang artinya jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki masalah komedo, Anda juga sangat mungkin memilikinya, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Dermatology.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo putih? Berikut beberapa cara ampuh untuk melenyapkannya, Moms.

Baca juga: 6 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

1. Rutin membersihkan wajah

Sebuah studi dalam jurnal Pediatric Dermatology, menunjukkan bahwa membersihkan wajah 2 kali sehari bisa membantu mencegah dan menghilangkan komedo putih.

Sebelum tidur, pastikan Anda membersihkan wajah dari sisa riasan wajah menggunakan pembersih makeup, lalu lanjutkan dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan bakteri yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo.

Memastikan wajah Anda bersih secara menyeluruh juga akan membuat produk skincare yang Anda gunakan di malam hari bekerja dengan optimal. Gunakan produk perawatan berlabel oil-free dan non-comedogenic yang cenderung tidak menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga tidak membuat komedo makin parah.

2. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak, yang bisa menyumbat pori-pori serta mencegah dan menghilangkan komedo putih. Ini juga membantu kulit Anda tampak lebih cerah dan lebih lembut.

Pilihlah exfoliator yang memiliki formula lembut yang akan memberikan pengelupasan kulit yang Anda butuhkan tanpa menyebabkan iritasi dan kulit kering. Lakukan eksfoliasi 2 kali seminggu untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori.

Hindari eksfoliasi yang berlebihan karena bisa membuat kulit makin kering dan dapat memproduksi lebih banyak minyak yang bisa membuat munculnya lebih banyak komedo putih.

3. Gunakan produk dengan kandungan benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah salah satu bahan skincare yang bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahan skincare ini juga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat, karena sifat antibakteri kuat yang dimilikinya. Benzoil peroksida dapat ditemukan di banyak produk perawatan kulit untuk jerawat yang dijual bebas, termasuk cleanser, krim, dan acne treatment spot.

Ingat, benzoil peroksida bisa menyebabkan kulit sangat kering dan iritasi, sehingga Anda disarankan menggunakan produk yang hanya mengandung 2 persen benzoil peroksida, gunakan sekali sehari, dan pakailah pelembap setelahnya.

4. Gunakan produk dengan kandungan salicylic acid

Salicylic acid termasuk beta hydroxy acid (BHA) yang dikenal baik untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan merupakan bahan skincare yang sangat efektif dalam mengatasi jerawat ringan seperti komedo putih.

Asam salisilat juga efektif mengurangi produksi minyak berlebih dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Asam salisilat bisa ditemukan di banyak produk yang dijual bebas, seperti pembersih wajah, pelembap, liquid exfoliant, dan serum.

5. Gunakan tea tree oil

Mencari cara menghilangkan komedo putih yang lebih alami? Coba gunakan tea tree oil yang terbukti efektif menghilangkan jerawat ringan hingga sedang. Sifat antiinflamasi dan antimikroba alami dalam tea tree oil dapat menenangkan kemerahan, peradangan, dan pembengkakan.

Berdasarkan penelitian dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, perawatan topikal yang mengandung 5 persen tea tree oil bekerja paling baik dalam mengatasi masalah jerawat ringan seperti komedo putih.

6. Gunakan produk yang mengandung retinoid

Retinoid merupakan salah satu bahan skincare yang terbukti efektif mengatasi jerawat berdasarkan penelitian dalam jurnal Dermatology and Therapy. Pada dasarnya, retinoid adalah bentuk vitamin A yang lebih kuat, yang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus memberikan manfaat anti-aging.

Perlu dipahami, retinoid dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, Anda lebih disarankan menggunakan produk berbahan retinoid pada malam hari, dan gunakan tabir surya pada keesokan harinya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

7. Gunakan witch hazel

Menghilangkan komedo putih dengan menggunakan witch hazel bisa menjadi pilihan cara lainnya. Witch hazel dapat membantu mengatasi masalah komedo berkat kemampuannya menghilangkan minyak berlebih dan membersihkan pori-pori dengan mendorong keluar sel-sel kulit mati yang terperangkap.

Witch hazel juga dikenal dapat menenangkan kulit iritasi dan meredakan peradangan berkat sifat antiinflamasinya. Witch hazel sering ditemukan dalam produk toner. Sebagai toner, cukup basahi kapas dengan beberapa tetes witch hazel dan gunakan 2 kali sehari.

Komedo dapat menjadi bakal jerawat jika tidak segera dihilangkan. Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk menghilangkan komedo putih membandel, sehingga bisa mengatasi dan mencegah munculnya jerawat. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Polina Tankilevitch/Pexels)