Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Patut Diwaspadai! Ini 6 Jenis Selingkuh yang Paling Umum Terjadi

Patut Diwaspadai! Ini 6 Jenis Selingkuh yang Paling Umum Terjadi

Berbicara mengenai perselingkuhan, masalah ini tentu identik dengan adanya orang ketiga dan melibatkan hubungan serius secara fisik. Memang benar, tapi itu cuma salah satunya. Padahal, jenis selingkuh bukan cuma itu, lho!

Memahami dan mengetahui apa saja yang termasuk jenis-jenis selingkuh adalah kunci untuk menghindari hal tersebut terjadi, yang bisa memberikan luka emosional kepada pasangan. Karena itu, M&B akan menjabarkan beberapa jenis perselingkuhan yang paling umum terjadi dan patut diwaspadai.

1. Perselingkuhan fisik

Sesuai namanya, perselingkuhan fisik melibatkan hubungan fisik (dalam hal ini, seksual) dengan orang lain selain pasangan, tanpa sepengetahuan atau izin dari pasangan. Ini adalah salah satu jenis perselingkuhan yang paling umum terjadi.

Menurut Dana Weiser, Ph.D., asisten profesor di Texas Tech University, perselingkuhan fisik biasanya ditafsirkan sebagai segala jenis sentuhan, ciuman, atau perilaku seksual dengan seseorang yang bukan pasangan.

Baca juga: 9 Cara Cerdas Menghadapi Suami yang Ketahuan Selingkuh

2. Perselingkuhan emosional

Perselingkuhan emosional, menurut Weiser, bisa merujuk pada rasa suka, cinta, perhatian mendalam, atau perasaan romantis untuk seseorang yang bukan pasangan, tanpa adanya hubungan secara fisik. Dikutip dari laman Verywell Mind, perselingkuhan emosional tidak melibatkan keintiman seksual, tetapi memiliki ikatan emosional yang kuat, intens, dan dapat bertahan lama.

Perselingkuhan emosional sering kali dimulai dalam bentuk sebuah persahabatan yang kemudian berkembang menjadi sangat akrab hingga mengarah ke hal-hal sangat personal, yang biasanya hanya dilakukan bersama pasangan. Misalnya, tidak pernah absen memberikan perhatian atau mengucapkan selamat tidur kepada orang lain selain pasangan, hal tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai perselingkuhan emosional.

Dengan kata lain, memiliki ikatan emosional dengan orang lain selain pasangan, termasuk percakapan larut malam yang intens dengan seseorang yang dianggap "hanya teman", hal tersebut sudah termasuk ke dalam wilayah perselingkuhan emosional.

3. Perselingkuhan dunia maya

Perselingkuhan online (cyber cheating) adalah jenis perselingkuhan yang terjadi secara online melalui chat, webcam, email, atau aplikasi dating. Biasanya perselingkuhan model ini dilakukan secara anonim atau masing-masing pelaku mungkin mengetahui sedikit informasi dasar satu sama lain, seperti nama, tetapi belum pernah bertemu secara langsung. Meskipun begitu, hubungan di antara keduanya bisa terjalin sangat kuat dan cenderung menjurus ke arah seksual.

Dengan kata lain, perselingkuhan dunia maya terjadi saat seseorang mulai menggoda seseorang–yang bahkan tidak dikenalnya secara langsung–secara online atau melakukan seks online. Hampir mirip dengan perselingkuhan emosional, tetapi ini terjadi di dunia maya dan biasanya juga menjurus ke arah seksual.

4. Berfantasi tentang orang lain

Menganggap orang lain menarik, bahkan ketika seseorang sedang menjalin hubungan yang memiliki komitmen, adalah hal normal. Namun, hal itu bisa tergolong selingkuh ketika kemudian muncul fantasi tentang orang lain yang lebih mendalam, misalnya secara seksual, bahkan hingga Anda kehilangan gairah saat berhubungan intim dengan pasangan. Ini bisa menjadi masalah besar!

Baca juga: Waspada! Inilah 5 Zodiak Pria yang Paling Berbakat Selingkuh

5. Perselingkuhan finansial

Perselingkuhan berakar dari masalah ketidakjujuran, termasuk ketidakjujuran dalam hal keuangan atau diistilahkan dengan perselingkuhan finansial. Ini adalah tindakan tidak jujur kepada pasangan mengenai kondisi keuangan kita, misalnya menutupi penghasilan atau pengeluaran yang sebenarnya dari pasangan kita.

Meskipun terdengar sepele, jenis perselingkuhan ini juga bisa merusak hubungan lho, karena dianggap sebagai kombinasi dari ketidakjujuran dan rasa tidak percaya dalam seseorang terhadap pasangannya menurut Michelle Jeanfreau, PhD, MFT, terapis pernikahan dan keluarga.

6. Perselingkuhan objek

Perselingkuhan objek merupakan jenis perselingkuhan yang terjadi ketika seseorang menjadi sangat terobsesi terhadap suatu objek, misalnya hobi tertentu, bahkan hingga menjadi jauh secara fisik maupun emosional dari pasangannya.

Sebagai contoh, seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game hingga tidak punya waktu untuk mengobrol dengan pasangan atau makan bersama. Hati-hati, hal seperti ini sudah termasuk ke dalam bentuk perselingkuhan objek, lho!

Jangan salah paham, mengembangkan hobi baru tentu merupakan hal yang baik. Akan tetapi, jika Anda jadi sangat terobsesi sehingga kehidupan percintaan Anda dan pasangan menjadi terganggu, hal ini merupakan bentuk lain dari perselingkuhan.

Itulah 6 jenis perselingkuhan yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Jika diabaikan, kondisi seperti ini bisa membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi tak nyaman dan terganggu, bahkan bisa berujung pada pertengkaran dan kerenggangan dalam rumah tangga. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Yanalya/Freepik)