Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Khasiat Air Tebu, Mulai dari Kesehatan Sampai Kecantikan

7 Khasiat Air Tebu, Mulai dari Kesehatan Sampai Kecantikan

Untuk meringankan rasa haus saat cuaca terik, orang-orang kerap minum air tebu. Air tebu sendiri merupakan minuman yang diperoleh dari perasan batang tebu. Rasanya yang manis dan menyejukkan memang bisa membuat tubuh kita jadi segar setelah meminumnya.

Namun, manfaat air tebu tidak hanya itu, lho! Nyatanya, air tebu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam air tebu di antaranya adalah vitamin A, B1 hingga B6, C, E, serta kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Supaya makin yakin, intip khasiat mengonsumsi air tebu untuk kesehatan hingga kecantikan yang bisa Anda dapatkan berikut ini, Moms.

1. Menjaga kesehatan tulang

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda perlu mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang mampu membantu menjaga kepadatan tulang. Dengan rutin minum air tebu, Anda pun akan bisa terhindar dari risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang yang bisa dicegah sedini mungkin.

2. Penambah energi pengganti gula

Tebu memang tanaman yang menghasilkan gula pasir setelah melalui serangkaian proses. Namun, kadar indeks glikemik (IG) pada tebu cukup rendah, sehingga tidak memicu peningkatan gula dalam darah. Kandungan glukosanya juga dapat menjadi sumber tambahan energi dan meningkatkan laju metabolisme. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes tipe 1 ataupun tipe 2, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi air tebu.

3. Memelihara fungsi hati dan ginjal

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air tebu dapat mencegah kerusakan organ hati yang terjadi karena efek samping obat-obatan jangka panjang. Selain itu, air tebu juga diketahui mampu menjaga fungsi kerja ginjal dengan baik. Sifat dari air tebu, yaitu diuretik, mampu melancarkan buang air kecil serta mencegah risiko infeksi saluran kemih (ISK).

4. Menangkal radikal bebas

Air tebu juga ternyata mengandung antioksidan, seperti asam fenolat, quercetin, caffeic acid, dan ellagic acid. Kandungan tersebut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Risiko Anda mengalami penyakit kronis, seperti kanker, tentu akan lebih rendah.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada air tebu tentu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh Anda mampu melawan paparan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi serta masalah kesehatan lainnya. Adanya kandungan serat pada air tebu juga mampu menjaga kesehatan dan melancarkan kinerja sistem pencernaan.

6. Memperbaiki kualitas tidur

Jika Anda mengalami stres, mengonsumsi air tebu bisa menjadi solusi untuk meredakannya. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino yang mampu menyeimbangkan kadar hormon stres. Tubuh pun akan jadi lebih rileks dan Anda lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

7. Merawat kesehatan kulit

Seperti disebutkan, air tebu juga mengandung salah satu antioksidan, yaitu asam glikolat. Kandungan ini dapat melindungi kesehatan kulit, meredakan radang, serta memperbaiki tampilan kulit. Tak hanya itu, asam glikolat dapat mencegah penuaan dini, mengobati jerawat, hingga menjaga kesehatan rambut.

Memang ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dengan minum air tebu. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, air tebu juga bisa berakibat pada masalah kesehatan seperti obesitas karena jumlah kalori yang terlalu tinggi yang dikandungnya. Agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui porsi yang tepat minum air tebu.

Baca juga: Punya banyak khasiat, Amankah Air Tebu Dikonsumsi Penderita Diabetes?

(M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)