Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Alami untuk Mengecilkan Payudara

7 Cara Alami untuk Mengecilkan Payudara

Bentuk dan ukuran payudara perempuan akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan usia. Faktor genetik serta penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memengaruhi ukuran payudara. Biasanya ukuran payudara akan membesar saat berat badan naik atau menyusui.

Meskipun begitu, payudara yang besar bisa membuat rasa tidak nyaman serta menyebabkan nyeri leher dan punggung. Maka, wajar jika ada beberapa perempuan yang ingin mengecilkan ukuran payudara mereka. Moms juga ingin mengecilkan payudara? Jangan khawatir. Tak perlu ambil tindakan bedah, berikut ini beberapa cara alami untuk mengecilkan payudara!

1. Melakukan olahraga

Olahraga teratur dapat membantu menghilangkan lemak pada dada dan menguatkan otot-otot payudara, sehingga bisa membantu mengecilkan ukuran payudara Anda. Karena payudara terdiri dari banyak lemak, Moms bisa fokus untuk melakukan olahraga kardio atau olahraga intensitas tinggi lainnya.

Olahraga aerobik, seperti menaiki tangga dan bersepeda, dapat mempercepat metabolisme Anda untuk menghilangkan lemak tubuh. Olahraga menguatkan otot, seperti pushup, juga bisa mengubah penampilan payudara. Sebagai rekomendasi, lakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 4 kali seminggu.

2. Diet

Lemak tubuh dapat memengaruhi ukuran payudara. Maka, menjaga konsumsi lemak sangatlah penting. Pastikan olahraga yang rutin selaras dengan pola makan yang sehat. Mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang Anda hilangkan dengan berolahraga bisa menambah lemak tubuh. Daging rendah lemak, ikan, buah-buahan, dan sayuran bisa membantu membakar lemak tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk mengurangi makanan siap saji dan makanan manis ya, Moms.

3. Teh hijau

Teh hijau bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung banyak sekali antioksidan dan bisa mendorong metabolisme Anda untuk membakar lemak. Semakin banyak lemak yang hilang, maka semakin kecil juga ukuran payudara Anda.

4. Jahe

Seperti teh hijau, jahe juga bisa membantu menstimulasi metabolisme Anda untuk membakar lemak tubuh. Moms bisa olah jahe ke dalam makanan sehari-hari Anda. Namun, meminum seduhan jahe 3 kali sehari bisa menjadi pilihan yang lebih efektif.

5. Flax seed

Asam lemak omega-3 sangat diperlukan untuk menjaga fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur hormon. Oleh karena itu, zat gizi ini juga memainkan peranan penting dalam menurunkan ukuran payudara Anda.

Flax seed adalah salah satu makanan tinggi omega-3. Mengonsumsi flax seed bisa membantu mengatur kadar estrogen dalam tubuh dan mengecilkan payudara Anda. Moms bisa tambahkan flax seed ke dalam makanan atau minuman Anda.

6. Putih telur

Cara lain untuk mengurangi ukuran payudara adalah dengan memperbaiki kesehatan kulit. Menyusui, penuaan, serta penurunan berat badan bisa menyebabkan payudara mengendur. Terkadang, hal ini bisa membuat payudara tampak lebih besar. Untuk itu, Moms bisa gunakan masker telur putih untuk mengembalikan elastisitas kulit payudara Anda.

Caranya, kocok 2 putih telur hingga berbusa, lalu oleskan pada payudara Anda. Diamkan masker putih telur ini selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Pakaian

Jika berbagai jenis ramuan dan herba alami tidak bekerja untuk Anda, maka Moms bisa gunakan pakaian yang tepat untuk mengecilkan tampilan payudara. Pilih bra yang ukurannya pas dengan payudara Anda. Selain itu, mengenakan pakaian berwarna gelap serta blouse dengan garis leher yang menarik bisa mengalihkan perhatian orang dari payudara Anda.

Baca juga: 7 Cara Merawat Payudara yang Baik agar Tetap Sehat dan Kencang

(M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)