Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Penyebab Rambut Berminyak, dari Masalah Hormon Sampai Jarang Ganti Sarung Bantal

10 Penyebab Rambut Berminyak, dari Masalah Hormon Sampai Jarang Ganti Sarung Bantal

Bukan hanya masalah ketombe, rambut berminyak juga menjadi hal yang menyebalkan ya, Moms. Tampilan rambut yang licin tentunya bisa mengganggu penampilan kita dan tak jarang bikin rambut terlihat kusam.

Namun, nyatanya memiliki rambut berminyak tidak selalu buruk Moms, karena diketahui bahwa rambut sehat adalah rambut yang menghasilkan sejumlah minyak yang berfungsi untuk menghidrasi kulit kepala dan melindungi rambut Anda.

Jumlah minyak yang dihasilkan pun bervariasi tergantung pada jenis rambut, hygiene habits, faktor gaya hidup Anda, dan lain-lain. Tapi, jika Moms punya masalah rambut berminyak, tentu Anda penasaran kan, apa penyebabnya? Nah, berikut ini penyebab rambut berminyak.

1. Fluktuasi hormon

Perubahan hormon diketahui dapat memengaruhi kandungan minyak di kulit kepala. Itulah mengapa saat pubertas, masa kehamilan, dan menggunakan KB, rambut dan kulit kepala bisa berminyak. Bahkan pada waktu-waktu tertentu saat menstruasi akan ada lebih banyak minyak yang dapat diproduksi rambut Anda.

2. Masalah di kulit kepala yang tak terobati

Minyak pada kulit kepala memberikan makan pada pertumbuhan jamur dan ini bisa menyebabkan peradangan serta pengelupasan pada kulit kepala yang memerangkap lebih banyak minyak pada rambut Anda.

3. Konsumsi makanan yang mengonsumsi asam lemak omega-6

Apa yang Anda makan bisa mencerminkan bagaimana kondisi rambut Anda. Jika Moms terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega-6, maka rambut Anda akan cenderung lebih berminyak dibandingkan saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

4. Terlalu sering menyentuh rambut

Menyisir atau menyentuh rambut terlalu sering dapat menyebabkan produksi minyak pada rambut Anda. Pasalnya, tangan Moms menghasilkan minyak yang dapat dengan mudah masuk ke rambut jika Anda terus-menerus memainkannya.

5. Terlalu sering keramas

Sering keramas justru membuat rambut Anda berminyak, Moms. Setiap kali Anda mencuci rambut dengan sampo, ini berarti mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak.

6. Pemakaian conditioner yang berlebihan

Over-conditioning dapat membebani rambut dan meningkatkan produksi minyak. Karena rambut Moms secara alami memiliki minyak pada akarnya, maka hindari mengoleskan kondisioner pada akar rambut dan konsentrasikan saja pada ujung rambut Anda.

7. Penggunaan produk rambut yang kurang tepat

Produk kecantikan yang Anda gunakan bisa menjadi penyebab kulit kepala berminyak. Laura Polka, seorang penata rambut selebriti, mengatakan, berhati-hatilah saat Anda menggunakan produk rambut dengan klaim membuat rambut tampak mengkilap. Pasalnya kilauan pada akhirnya akan menyebabkan produksi minyak. Selain itu penggunaan sampo kering atau dry shampoo yang bertekstur bubuk justru diketahui menyerap minyak.

8. Tipe rambut

Pemiliki rambut lurus ternyata sangat rentan untuk mengumpulkan minyak. Hal ini dikarenakan batang rambut tidak memiliki tekstur atau gelombang, sehingga minyak bisa meluncur lurus ke bawah batang rambut dan terkumpul di seluruh kepala Anda.

9. Gaya rambut

Pada dasarnya, cara Anda menata rambut bisa menyebabkan rambut berminyak. Melansir laman Bustle, Sheel Desai Solomon, MD, FAAD, dokter kulit asal Durham, North Carolina, mengatakan bahwa blow dry rambut dan meluruskan rambut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Untuk itu, saat menggunakan alat panas pada rambut, gunakan pengaturan yang lebih dingin, karena bila terlalu panas justru akan memicu minyak tambahan.

Selain itu, tidak menyisir rambut secara teratur juga bisa menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Penggunaan aksesori rambut seperti ikat rambut dan topi, juga bisa menjebak minyak di kulit kepala Anda.

10. Jarang mengganti sarung bantal

Moms, mengganti sarung bantal secara teratur sangat penting, lho. Pasalnya, semua minyak dari wajah bisa mengendap di sarung bantal Anda, sehingga jangan heran bila Anda tidur dengan rambut di atas sarung bantal yang belum dicuci bisa membuat rambut Anda terlihat lebih berminyak daripada biasanya.

Baca juga: 9 Bahan Alami untuk Atasi Masalah Rambut Rontok Parah

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)