Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Berhubungan Seks Setiap Hari, Aman Enggak, Sih?

Berhubungan Seks Setiap Hari, Aman Enggak, Sih?

Seks merupakan salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan suami istri. Seks pun bisa dilakukan kapan saja. Namun, amankah jika berhubungan intim dilakukan setiap hari? Apakah ada efeknya bagi tubuh?

Sesungguhnya tak ada peraturan baku soal berapa kali Anda bisa berhubungan seks dengan pasangan. Pasalnya, kebutuhan setiap orang akan seks berbeda-beda. Belum lagi pola hidup, tingkat stres, dan mood yang mungkin berubah setiap saat sehingga bisa memengaruhi gairah seks Anda.

Jadi, apakah Anda dan pasangan bisa berhubungan seks setiap hari? Jawabannya tentu saja bisa! Namun perlu diingat, bercinta setiap hari bisa dilakukan asalkan pasangan juga menginginkannya.

Jangan takut untuk membicarakan soal jadwal bercinta dengan pasangan Anda, Moms. Bagaimanapun, tujuan untuk berhubungan seks adalah kepuasan, baik bagi suami maupun istri. Dengan kata lain, Moms dan Dads harus dalam kondisi baik saat bercinta dan sama-sama menginginkannya agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Berhubungan seks setiap hari tidak disarankan untuk dilakukan, apabila:

  • Pasangan Anda tidak menginginkannya, misalnya karena lelah, sakit, dan lain sebagainya.
  • Rutinitas bercinta setiap hari mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan Anda.
  • Hubungan seks yang dilakukan terlalu sering atau secara berlebihan mengakibatkan iritasi di alat kelamin.

Manfaat rutin berhubungan seks

Terlepas dari kondisi tersebut, berhubungan seks secara rutin ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Seperti dilansir laman Everyday Health, bercinta setidaknya punya 7 manfaat, yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti aktivitas fisik lainnya, aktivitas seks yang sehat juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung Anda. Berdasarkan penelitian yang dirilis di American Journal of Cardiology, disebutkan bahwa pria yang bercinta dua kali atau lebih dalam sepekan memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung dibandingkan mereka yang hanya melakukan hubungan seks sekali dalam sebulan.

2. Meredakan nyeri dan kram saat menstruasi

Bercinta atau sekadar memandang wajah orang yang Anda sayangi diyakini juga bisa mengurangi rasa nyeri pada tubuh Anda. Bagi wanita, berhubungan seks juga bisa mengurangi kram atau nyeri pada saat menstruasi. Lebih aktif secara seksual, terutama jika dibarengi dengan orgasme yang cukup, akan membantu menghasilkan hormon pereda stres seperti endorfin dan oksitosin. Hormon itulah yang akan membantu meringankan gejala nyeri saat menstruasi dan pramenstruasi (PMS).

3. Mengurangi stres

Berhubungan seks bisa mengurangi stres dengan cara meningkatkan hormon endorfin dan hormon lainnya yang bisa membantu memperbaiki mood. Sebagai salah satu bentuk “olahraga”, berhubungan seks juga bisa membuat Anda lebih tenang. Sementara itu, sebuah penelitian di Skotlandia yang dimuat dalam jurnal Biological Psychology menunjukkan bahwa aktivitas seks bisa membantu mencegah kenaikan tekanan darah saat seseorang menghadapi situasi yang berisiko membuat stres.

4. Mengurangi risiko kanker prostat

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal European Urology ditemukan fakta bahwa pria yang mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali per bulan memiliki risiko kanker prostat lebih rendah ketimbang pria yang hanya mengalami 4-7 kali ejakulasi dalam sebulan. Namun penelitian ini masih perlu ditelaah lebih lanjut.

5. Tidur lebih nyenyak

Menurut The National Sleep Foundation, saat seseorang mencapai orgasme maka tubuh akan melepaskan hormon prolaktin. Hormon ini dapat membantu Anda jadi rileks dan mengantuk.

6. Memperbaiki mood

Hormon endorfin dan hormon lainnya yang dilepas saat Anda berhubungan seks bisa membuat Anda merasa lebih baik. Selain itu, menghabiskan waktu dengan berbicara, bersentuhan, dan bermesraan bersama pasangan juga disinyalir mampu memperbaiki perasaan Anda.

7. Terlihat glowing

Bagi para Moms yang ingin terlihat glowing, berhubungan seks juga bisa membantu Anda mewujudkannya. Perasaan bahagia serta aliran darah yang lebih lancar karena berhubungan seks merupakan cara alami untuk membuat kulit Anda terlihat glowing. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle