Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

7 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Setuju kan, Moms? Soalnya, hidung mampet bisa membuat napas jadi terhambat, hidung terasa pedih saat menghirup atau menghela napas, bahkan suara bisa menjadi bindeng dan terdengar lucu.

Napas tersumbat sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti reaksi alergi ataupun infeksi virus pada sistem pernapasan. Namun, terlepas dari berbagai kemungkinan penyebabnya, hidung tersumbat bisa diatasi dengan mudah kok, Moms. Mau tahu caranya? Yuk, simak cara mudah nan ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa obat berikut ini!

1. Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat bisa memberikan kehangatan dan kelembapan yang menenangkan membran hidung, sehingga bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Selain itu, ada teori yang menyebutkan bahwa metode ini bisa membantu membersihkan lendir hidung dan membantu membunuh virus.

Caranya mudah kok Moms. Cukup isi wadah atau baskom dengan air hangat, lalu dekatkan wajah ke wadah atau baskom dan hirup uapnya. Moms bisa lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

2. Menggunakan semprotan larutan garam

Mengutip Medical News Today, semprotan hidung bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada jaringan hidung, sehingga bisa melegakan hidung tersumbat.

Dari berbagai macam cairan yang bisa dipakai untuk menyemprot hidung, cairan saline atau larutan garam adalah pilihan terbaik untuk membersihkan hidung sekaligus menjaga kelembapannya. Moms bisa dapatkan cairan saline khusus di apotek.

Caranya, Moms bisa gunakan alat semprot hidung khusus atau neti pot. Yang perlu diingat, hindari penggunaan air keran biasa, karena bisa mengandung bakteri yang malah memperparah hidung mampet.

3. Kompres dengan air hangat

Mengompres hidung dengan air hangat bisa meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman yang disebabkan hidung tersumbat. Selain itu, metode ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada hidung, sehingga bisa membantu melegakan hidung tersumbat.

Caranya, Moms bisa rendam kain atau handuk kecil dalam air hangat, peras handuk hingga agak kering, lalu letakkan handuk tersebut di atas hidung atau kening.

4. Mandi air hangat

Ide kunci untuk melegakan hidung mampet adalah dengan menghirup uap hangat, karena dapat membantu membersihkan lendir hidung. Selain dari wadah yang berisi air hangat, Moms juga bisa menghirup uap yang muncul saat Anda mandi dengan air hangat.

Tidak hanya mengatasi hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, sehingga membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat hidung mampet.

5. Minyak kayu putih atau minyak eukaliptus

Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda, baik minyak kayu putih maupun minyak eukaliptus bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Caranya, Moms bisa hirup langsung aroma minyak kayu putih dan minyak eukaliptus. Selain itu, Moms juga bisa menghirup uap air hangat yang telah dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak eukaliptus.

6. Menggunakan air humidifier

Melembapkan udara ruangan juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat lho, Moms. Dikutip dari Everyday Health, bernapas di ruangan yang lembap bisa membantu menenangkan peradangan pada jaringan hidung dan mengencerkan lendir. Untuk itu, Moms bisa gunakan air humidifier untuk menjaga kelembapan udara ruangan.

Air humidifier hangat atau dingin sama-sama bisa melembapkan udara ruangan dengan maksimal dan membantu melegakan hidung mampet. Namun yang mesti Moms ingat, Anda perlu menjaga kebersihan alat dan air yang digunakan.

7. Minum banyak air

Menjaga diri tetap terhidrasi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Ya, meskipun tidak mengatasi secara instan, minum banyak air bisa membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Meskipun begitu, segera konsultasi ke dokter jika hidung tersumbat tak kunjung sembuh setelah 10 hari. Semoga lekas sembuh, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle