Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Perlu Produk Pemutih Gigi, Ini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Tak Perlu Produk Pemutih Gigi, Ini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Punya gigi putih dan bersih pasti menjadi impian setiap orang, termasuk Anda kan, Moms? Memiliki gigi putih dan bersih tentunya bisa bikin kita lebih percaya diri, terutama saat tersenyum.

Untuk mendapatkan gigi putih dan bersih, mungkin kita direkomendasikan menggunakan produk pemutih gigi. Namun, sebenarnya penggunaan produk pemutih gigi, terutama yang kandungan pemutihnya tinggi, justru bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Selain itu, tak sedikit pula yang memilih melakukan jenis perawatan khusus di klinik gigi untuk memutihkan gigi dengan biaya tak murah.

Jika Moms tak ingin menggunakan produk kimiawi pemutih gigi atau melakukan perawatan khusus di klinik, Anda bisa coba beberapa cara alami berikut untuk memutihkan gigi.

1. Rutin menyikat dan flossing gigi

Perubahan warna gigi sebagian besar disebabkan oleh penumpukan plak. Menyikat gigi dan flossing gigi secara teratur dapat membantu gigi Anda tetap putih serta mengurangi bakteri di mulut dan mencegah penumpukan plak.

2. Menyikat gigi dengan baking soda

Baking soda menjadi pemutih alami yang memiliki sifat abrasif ringan yang bisa menghilangkan noda pada gigi. Moms bisa campur 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air untuk dijadikan pasta gigi. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu. Meski menyikat gigi dengan baking soda belum terbukti dapat memutihkan gigi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda memiliki efek memutihkan yang signifikan.

3. Berkumur dengan minyak

Cara tradisional khas India ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun di tubuh. Moms bisa berkumur dengan minyak bunga matahari, minyak wijen, atau minyak kelapa untuk membantu menghilangkan bakteri yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi terlihat kuning. Berdasarkan sebuah studi, berkumur dengan minyak setiap hari bisa mengurangi bakteri di mulut juga plak dan radang gusi.

4. Menggunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan zat pemutih alami yang dapat membunuh bakteri di mulut. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan 1 persen hidrogen peroksida dapat menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan. Sedangkan studi lainnya menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan hidrogen peroksida bila digunakan 2 kali sehari dapat menyebabkan 62 persen gigi lebih putih dalam 6 minggu.

Jika Moms ingin memanfaatkan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi, pastikan Anda memilih larutan dengan konsentrasi 1,5 atau 3 persen untuk menghindari efek samping. Anda juga dapat menggunakannya sebagai obat kumur sebelum menyikat gigi.

5. Mengonsumsi buah dan sayur

Mengunyah buah dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak pada gigi. Strawberry dan nanas diketahui dapat membantu memutihkan gigi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa campuran strawberry dan baking soda dapat menghasilkan sedikit perubahan warna pada gigi dibandingkan produk pemutih komersial. Sementara studi lainnya menemukan bahwa gel yang dibuat dengan bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, dapat membantu menghilangkan noda pada gigi.

6. Mencegah timbulnya noda pada gigi

Meskipun gigi akan menguning seiring bertambahnya usia, Anda bisa mencegah timbulnya noda pada gigi dengan melakukan beberapa hal sederhana. Moms bisa membatasi asupan kopi, anggur merah, soda, dan beri hitam yang terkenal dapat menimbulkan noda pada gigi.

Hindari mengunyah tembakau ataupun merokok karena keduanya dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Usahakan juga untuk membatasi asupan gula, karena terlalu banyak gula dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri serta menyebabkan plak dan radang gusi. Pastikan pula untuk menyikat gigi Anda tepat setelah mengonsumsi makanan manis.

Jadi, cara mana yang akan Moms coba untuk memutihkan gigi Anda? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Racool_studio/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle