Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh Kita

Mengonsumsi sayur-sayuran memang penting untuk bantu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Salah satu jenis sayuran yang punya banyak manfaat adalah pakcoy atau bok choy.

Tanaman asal China yang masuk dalam kelompok sawi-sawian ini memiliki tekstur yang cukup renyah setelah diolah dalam berbagai masakan. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk tumisan, sup, ditambahkan saus istimewa, atau bahkan bisa juga dimakan mentah.

Namun, apa saja kandungan serta manfaat dari mengonsumsi pakcoy buat kesehatan? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini, Moms.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pakcoy mengandung antioksidan serta vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti diketahui, antioksidan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini akan membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Adanya vitamin C juga bisa membuat imun tubuh menjadi lebih kuat dan mencegah paparan virus serta bakteri penyebab infeksi.

2. Menjaga kesehatan mata

Di dalam pakcoy juga terkandung beta karoten serta vitamin A. Keduanya tentu dikenal sebagai nutrisi untuk mencegah berbagai masalah kesehatan pada mata, seperti degenerasi makula dan katarak. Dengan rutin mengonsumsi pakcoy, berbagai masalah kesehatan pada mata terutama yang terjadi akibat bertambahnya usia bisa dicegah sejak dini.

3. Memperkuat tulang dan kinerja jantung

Ada banyak kandungan mineral di dalam 100 gram pakcoy, seperti zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan fosfor. Semua ini mampu mengurangi risiko masalah pada jantung dan menjaga kinerjanya tetap optimal serta membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, rutin mengonsumsi pakcoy bisa membuat tulang jadi lebih kuat dengan adanya kalsium dan vitamin K yang terkandung dalam sayuran ini.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Pakcoy merupakan salah satu sayuran sumber serat terbaik. Mengonsumsi pakcoy secara rutin tentunya akan membantu kinerja sistem pencernaan Anda tetap terjaga dengan baik. Risiko terjadinya nyeri perut, diare, dan sembelit pun menurun. Pakcoy juga baik dikonsumsi penderita irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit Crohn.

5. Mendukung kesehatan selama kehamilan

Ibu hamil butuh asupan asam folat untuk mendukung tumbuh kembang janin yang optimal. Nah, pakcoy tinggi akan kandungan tersebut. Asam folat sendiri berfungsi untuk mencegah cacat tabung saraf serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Folat juga bisa membantu mencegah keguguran yang terjadi di awal kehamilan, mengobati anemia, dan mengurangi risiko preeklampsia. Selain itu, kandungan kalsium pada pakcoy juga mampu membantu pertumbuhan tulang janin.

6. Membuat kulit dan rambut lebih sehat

Vitamin C yang terdapat dalam pakcoy juga cukup tinggi dan faktanya mampu meningkatkan kolagen dalam tubuh yang akan membantu menghaluskan kerutan di wajah, memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh, serta membuat rambut lebih berkilau.

Anda dianjurkan untuk mengolah dan mengonsumsi pakcoy yang segar. Namun, Anda juga bisa menyimpannya selama 3-4 hari di dalam kulkas dengan kantong plastik yang longgar atau berlubang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle