Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

9 Penyebab Payudara Gatal, Mulai dari Kulit Kering Hingga Kanker

9 Penyebab Payudara Gatal, Mulai dari Kulit Kering Hingga Kanker

Moms pernah mengalami payudara yang terasa gatal? Jika ya, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, meskipun terkadang bikin tidak nyaman, puting atau payudara yang gatal adalah hal yang wajar dan biasanya merupakan gejala dari kondisi yang tak berbahaya.

Meskipun begitu, ada beberapa penyebab serius dari payudara gatal, termasuk kanker. Selain itu, payudara yang terasa gatal bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan ingin menggaruknya. Namun, menggaruk payudara bisa menyebabkan kulit berdarah atau iritasi. Karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika payudara Anda sering terasa gatal.

Dirangkum dari Verywell Health, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan payudara gatal dan cara menanganinya. Let’s scroll down below, Moms!

1. Kulit kering

Kulit payudara yang terlalu kering bisa disebabkan oleh kondisi genetik, iklim yang dingin, atau dehidrasi. Biasanya, ketika kulit kering menyebabkan payudara gatal, kulit di area tubuh lainnya juga bisa terasa gatal. Cara mengatasinya, oleskan krim atau pelembap di kulit yang terasa kering dan gatal.

2. Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara yang sering dialami perempuan yang sedang menyusui. Meskipun begitu, perempuan yang tak sedang menyusui juga bisa mengalaminya. Kondisi ini dapat menyebabkan demam, nyeri payudara, kemerahan, serta payudara yang terasa panas dan gatal. Selain itu, Anda juga akan merasa tidak enak badan. Mastitis bisa diatasi dengan mengonsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter.

3. Dermatitis

Berupa ruam yang diakibatkan oleh peradangan pada kulit, dermatitis bisa dipicu oleh reaksi alergi atau juga bisa tidak dipicu oleh apa pun. Pemicu umum dermatitis yakni baju baru, detergen, parfum, pelembap, atau sampo.

4. Infeksi jamur

Kulit di area payudara dapat menjadi terlalu lembap, sehingga mendukung pertumbuhan jamur penyebab gatal. Untuk mengatasinya, Moms bisa oleskan krim antijamur yang dijual bebas di apotek atau Anda bisa konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat yang lebih efektif.

Untuk menghindari tumbuhnya jamur di area payudara, Moms perlu menggunakan bra dengan bahan yang menyerap keringat. Pastikan area area payudara kering sempurna setelah mandi. Saat berolahraga, pilih bra yang terbuat dari bahan yang mencegah keringat terkumpul di area payudara.

5. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit mengelupas. Kondisi ini bisa terjadi di berbagai area tubuh, termasuk payudara. Cara mengatasinya adalah dengan terapi cahaya atau medikasi topikal.

6. Ruam panas

Ruam panas bisa disebabkan oleh paparan panas, pakaian yang sangat ketat dan berat, serta keringat. Beberapa orang merasakan dampak ruam panas di seluruh tubuh. Kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan penggunaan bedak.

7. Perubahan hormon

Dinamika hormon dalam tubuh bisa menyebabkan payudara membesar serta membuatnya terasa nyeri dan gatal. Kondisi ini bisa terjadi saat puber, kehamilan, masa menyusui, atau saat menyapih. Biasanya, masalah ini akan bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Kondisi ini tergolong normal apabila tidak disertai ruam atau perubahan warna pada payudara.

8. Reaksi setelah operasi

Jika Anda sempat menjalani bedah payudara, maka payudara yang terasa gatal termasuk sebagai tahapan normal dalam proses penyembuhan. Saat Anda menjalani bedah untuk implan payudara, maka kulit payudara akan meregang dan terasa gatal. Biasanya rasa gatal akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan setelah bedah. Namun jika rasa gatal terasa tak tertahankan dan tak kunjung hilang, Anda perlu konsultasikan dengan dokter.

9. Kanker

Ada 2 jenis kanker payudara yang termasuk langka, yakni inflammatory breast cancer (IBC) dan Paget’s disease. IBC menyebabkan 2-4% kasus kanker payudara di Amerika Serikat. IBC menyebar dengan cepat dan sering kali tak dikenali hingga mencapai stadium yang lebih ganas.

Selain gatal, berikut ini beberapa gejala IBC lainnya:

  • Kulit yang memerah
  • Kulit payudara berbintik-bintik seperti kulit jeruk
  • Payudara terasa nyeri
  • Payudara yang membengkak
  • Payudara yang satu bisa tampak lebih besar daripada yang lainnya
  • Payudara yang satu bisa terasa lebih keras daripada yang lainnya
  • Payudara yang satu bisa terasa lebih berat dan hangat daripada yang lainnya
  • Adanya benjolan besar di bawah ketiak.

Sedangkan Paget’s disease menyebabkan 1-4% kasus kanker payudara. Gejalanya bisa dikira sebagai eksim atau iritasi kulit lainnya. Selain kulit payudara terasa gatal, gejala lain dari Paget’s disease antara lain:

  • Lecet berwarna merah atau kering pada puting yang mirip eksim
  • Rasa sakit atau perih di area putting atau areola
  • Perubahan pada bentuk puting, bisa menonjol ke luar atau cekung masuk ke dalam
  • Adanya cairan kekuningan atau berdarah yang keluar dari puting.

(M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)