Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Manfaat Konsumsi Daun Kemangi untuk Kesehatan Anda

8 Manfaat Konsumsi Daun Kemangi untuk Kesehatan Anda

Banyak hidangan khas Indonesiayang disajikan dengan lalapan sebagai teman makan. Salah satu lalapan yang tidak boleh ketinggalan ada yaitu daun kemangi. Aroma wangi dari daun kemangi memang bisa menambah nafsu makan ya, Moms.

Tapi tak cuma itu. Ada manfaat yang bisa Moms dapatkan dengan mengonsumsi daun kemangi. Daun ini kaya akan nutrisi yang terdiri dari serat, protein, kalsium, mangan, magnesium, vitamin A, B6, C, dan D, serta punya sifat antibakteri yang tentunya baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat daun kemangi buat kesehatan tubuh kita? Yuk, simak penjelasan berikut ini, Moms!

1. Menjaga kekebalan tubuh

Daun kemangi mengandung vitamin C serta antioksidan yang manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Kedua zat tersebut bisa membantu menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan sistem imun, dan pastinya menangkal radikal bebas. Dengan begitu, proses perbaikan sel-sel rusak bisa berjalan dengan baik dan tubuh pun jadi lebih bugar.

2. Melancarkan peredaran darah

Kandungan magnesium pada daun kemangi juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tentunya akan membuat metabolisme tubuh meningkat. Tak hanya itu, kadar kolesterol dan gula darah pun jadi lebih terkontrol, sehingga menurunkan risiko diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Masalah pencernaan yang umum terjadi adalah perut kembung dan juga sembelit. Kondisi ini bisa diatasi jika Anda mengonsumsi daun kemangi secara rutin. Daun kemangi mengandung serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan membuat kondisi asam di lambung jadi seimbang.

4. Mengobati jerawat dan menjaga kesehatan kulit

Daun kemangi juga punya khasiat untuk mencegah jerawat dan melancarkan proses regenerasi kulit. Pasalnya, tanaman ini mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa membersihkan darah dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas tentu dapat mencegah penuaan dini.

5. Baik untuk penglihatan dan meredakan peradangan

Vitamin A dalam daun kemangi bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Tak cuma itu, sifat antibakteri di dalamnya juga membantu melawan bakteri sehingga meredakan peradangan dan infeksi yang dialami.

6. Menjaga kesehatan mental

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa daun kemangi bisa memberikan efek antidepresan. Jadi rutin mengonsumsi daun kemangi bisa membantu meredakan stres, kecemasan, hingga depresi. Karena tubuh menjadi lebih rileks, maka Anda bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik, kemampuan untuk berpikir akan meningkat, dan Anda pun jadi lebih fokus.

7. Mengatasi masalah bau badan

Selain dikonsumsi, Moms juga bisa menggunakan daun kemangi dengan cara menghaluskannya lalu mengoleskannya di area ketiak. Hal ini akan membantu mengatasi masalah bau badan yang bisa dialami.

8. Sebagai essential oil

Daun kemangi juga bisa dijadikan sebagai essential oil. Kandungannya sebagai minyak atsiri bisa Moms gunakan untuk meredakan sakit perut, mengobati mual dan kembung, hingga mengurangi ketombe.

Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa Moms peroleh dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin, antara lain menjaga kesehatan tulang serta meredakan flu dan batuk. Jadi, Anda bisa rutin mengonsumsi daun kemangi, baik sebagai lalapan maupun dikreasikan menjadi menu hidangan lain untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Kerdkanno/Unsplash)