Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Tips Berhubungan Seks Pertama Kali Biar Enggak Sakit

7 Tips Berhubungan Seks Pertama Kali Biar Enggak Sakit

Urusan berhubungan intim memang terkadang tabu untuk dibahas, ya. Namun, jika Moms punya adik atau teman yang akan menikah, tidak ada salahnya untuk berbagi tips mengenai berhubungan seks untuk pertama kalinya.

Momen malam pertama seharusnya jadi momen yang paling dinanti para pasangan yang baru menikah. Namun, tak jarang ini juga menjadi momen yang paling mendebarkan. Jika tegang dan stres, momen berhubungan intim pertama kali pun bisa terasa menyakitkan, lho!

Nah, agar malam pertama berjalan lancar dan menyenangkan, yuk, ketahui tips berhubungan seks pertama kali berikut ini!

1. Jangan tegang

Agak takut atau grogi di malam pertama? Wajar, kok, tapi jangan sampai takut dan tegang berlebihan, ya. Tegang, takut, dan bahkan stres bisa membuat otot-otot pinggul dan vagina ikut tegang juga.

Kalau ini terjadi, maka penetrasi pun bisa terasa menyakitkan. Apalagi jika penetrasi dilakukan saat wanita belum terlubrikasi dengan baik, bisa-bisa jadi lebih menyakitkan. Untuk mencegahnya, cobalah untuk tetap rileks, nyaman, dan nikmatilah setiap sentuhan lembut di momen romantis ini.

Baca juga: Berhubungan Seks Setiap Hari, Aman Enggak, Sih?

2. Nikmati foreplay

Jangan buru-buru penetrasi! Salah satu penyebab wanita kesakitan saat malam pertama adalah ia belum siap atau belum bergairah. Maka sebelum penetrasi, cobalah lakukan foreplay untuk membangun keintiman pasangan.

Foreplay memberi waktu untuk pasangan agar lebih terangsang dan mengeluarkan cairan lubrikan alami. Cairan inilah yang berguna untuk melancarkan proses penetrasi, sehingga tidak sakit.

Apa saja sih, yang dilakukan saat foreplay? Mulai dari berbicara romantis, menyentuh lembut, membelai, mencium, atau apa pun yang bisa membangun keintiman dan gairah pasangan.

3. Pakai lubrikan

Akan sangat baik jika tidak mengandalkan lubrikan buatan saat seks. Namun, jika lubrikan bisa membuat momen malam pertama jadi lebih lancar, kenapa tidak? Sebenarnya vagina bisa mengeluarkan lubrikan alami saat sudah terangsang, tapi rasa agak tegang, canggung, dan bingung mungkin bisa membuat lubrikan sulit keluar saat malam pertama. Karena itu, tak ada salahnya menggunakan lubrikan buatan berbahan dasar air, agar penetrasi di malam pertama lebih mudah, nyaman, dan tentunya tidak menyakitkan.

4. Atur ekspektasi

Namanya juga sama-sama baru pertama kali, jadi wajar jika pengalaman ini tidak langsung sensasional. Hubungan intim pertama kali memang tidak selalu berjalan mulus. Jadi, jika Anda tidak langsung mencapai orgasme, jangan bersedih. Dan yang terpenting, tidak perlu membuat orgasme palsu, ya.

Jadikan momen pertama ini sebagai momen untuk lebih mengenal preferensi satu sama lain. Jangan ragu untuk bertanya dan menyampaikan apa yang disuka dan tidak disuka saat bercinta.

5. Posisi aman dan nyaman

Mungkin selama ini Anda sudah mengetahui posisi seks yang sulit, rumit, dan cenderung mirip atraksi akrobat. Ingin mencoba posisi seks seperti itu? Silakan saja, tapi sebaiknya tidak di malam pertama, ya.

Posisi berhubungan seks pertama kali sebaiknya yang aman dan nyaman saja, baik untuk wanita pun pria. Contoh posisi aman dan nyaman untuk malam pertama adalah:

  • Misionaris: Posisi istri berbaring, suami di atas menghadap istri dan melakukan penetrasi.
  • Spooning: Posisi istri menyamping, suami memeluk istri dari belakang dan melakukan penetrasi.
  • Doggy style: Posisi istri membungkuk membelakangi suami, suami berdiri di belakangnya dan melakukan penetrasi.

6. Lakukan afterplay

Pasangan baru menikah perlu membiasakan diri untuk melakukan afterplay setiap habis berhubungan intim. Ini adalah momen romantis yang menutup sesi bercinta dengan sempurna. Tujuan afterplay adalah untuk menjaga bonding pasangan lebih kuat, lebih tenang, dan tentunya membuat hubungan intim jadi lebih menyenangkan.

7. Tetap higienis

Setelah menikmati momen bermesraan di malam pertama, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan organ intim, ya. Biasakan untuk membersihkan organ intim menggunakan air mengalir, tapi jangan gunakan vaginal douche.

Membersihkan organ vital bisa mencegah Anda terkena infeksi saluran kemih (ISK) lho, Moms. Saat bercinta, bakteri bisa terdorong masuk ke dalam vagina. Nah, berkemih dan membersihkan area vagina akan membantu mendorong keluar bakteri tersebut, sehingga risiko ISK pun berkurang. Selamat menikmati malam pertama! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Jcomp/Freepik)