Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Manfaat Berhubungan Intim Setiap Hari yang Perlu Anda Tahu

10 Manfaat Berhubungan Intim Setiap Hari yang Perlu Anda Tahu

Tidak hanya terasa nikmat dan bikin happy! Berhubungan intim setiap hari ternyata juga punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita, lho!

Berhubungan intim tidak hanya bertujuan untuk memiliki keturunan. Bercinta juga bisa menimbulkan perasaan senang. Selain itu, masih banyak manfaat berhubungan intim yang bisa Moms dan Dads dapatkan jika dilakukan setiap hari.

1. Ikut menjaga sistem kekebalan tubuh

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa rutin berhubungan intim bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Bercinta bisa menghasilkan antibodi yang membantu tubuh melawan kuman, virus, dan bakteri lain yang bisa mengganggu kesehatan. “Orang-orang yang aktif melakukan hubungan seks, biasanya jarang sakit,” kata Yvonne K. Fulbright, pemilik gelar PhD di bidang kesehatan seksual, seperti dilansir dari situs WebMD.

Namun yang perlu diingat, bercinta saja tak otomatis membuat tubuh Anda jadi sehat. Agar terhindar dari penyakit, Anda tetap harus mengonsumsi makanan dan minuman sehat secara teratur, rutin berolahraga, dan cukup tidur.

2. Meningkatkan gairah seksual

Rutin melakukan hubungan intim juga bisa membantu meningkatkan libido Anda. Dengan libido atau gairah seks yang tinggi, kemungkinan Anda mencapai kepuasan saat bercinta juga lebih besar.

“Rutin bercinta akan membuat seks terasa lebih menyenangkan dan meningkatkan libido Anda,” ujar Lauren Streicher, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Northwestern University’s Feinberg School of Medicine, Chicago. Bagi wanita, seks bisa meningkatkan lubrikasi vagina, melancarkan aliran darah, serta elastisitas. Semua hal itu akan membuat Anda lebih menikmati sesi bercinta.

3. Meningkatkan kemampuan wanita mengontrol tulang pelvis

Tulang pelvis atau panggul yang kuat sangat penting untuk menghindari situasi inkontinensia urine. Sebagai catatan, inkontinensia urine adalah keluarnya urine tanpa disadari atau disengaja, dan kondisi ini cukup sering dialami wanita.

Berhubungan intim secara rutin merupakan salah satu cara untuk melatih otot pelvis Anda. Saat mencapai orgasme, akan terjadi kontraksi otot di area tersebut dan akan memperkuat otot.

4. Menurunkan tekanan darah

“Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara bercinta dengan tekanan darah,” jelas Joseph J. Pinzone, MD, CEO dan direktur medis Amai Wellness. Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa berhubungan intim bisa menurunkan tekanan sistolik darah (tekanan darah saat jantung memompa darah atau berkontraksi).

5. Salah satu bentuk aktivitas fisik

Berhubungan intim juga merupakan salah satu bentuk olahraga atau aktivitas fisik yang layak diperhitungkan. Well, mungkin bercinta tidak bisa disamakan dengan latihan menggunakan treadmill atau jogging. Namun, dengan bercinta, Anda bisa membakar sekitar lima kalori per menit. Selain itu, berhubungan intim juga bisa meningkatkan detak jantung sekaligus melatih berbagai otot.

6. Mengurangi risiko serangan jantung

Memiliki rutinitas seks yang baik juga bagus untuk kesehatan jantung Anda. Selain meningkatkan detak jantung, berhubungan intim juga bisa membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen dan testosteron Anda.

“Apabila salah satu dari kedua hormon tersebut rendah, maka Anda semakin berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti osteoporosis dan penyakit yang berhubungan dengan jantung,” jelas Pinzone. 

Bahkan dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa pria yang bercinta setidaknya 2 kali dalam sepekan memiliki risiko lebih kecil untuk meninggal karena serangan jantung dibandingkan pria yang jarang berhubungan seks.

7. Mengurangi rasa nyeri

Alih-alih mengonsumsi obat, coba orgasme sebagai cara untuk mengurangi nyeri. “Orgasme bisa menahan nyeri,” kata Barry R. Komisaruk, PhD, profesor di Rutgers, State University New Jersey. Pasalnya, saat orgasme, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu menghilangkan rasa nyeri.

“Selain itu, stimulasi di area vagina juga bisa membantu menghilangkan rasa nyeri di punggung dan kaki. Banyak wanita yang mengaku, stimulasi di area intim juga mampu mengurangi kram saat menstruasi dan beberapa kasus sakit kepala,” tambah Komisaruk.

8. Mengurangi risiko kanker prostat

Dalam penelitian yang dimuat di Journal of the American Medical Association, disebutkan bahwa pria yang mengalami ejakulasi secara rutin (setidaknya 21 kali dalam sebulan) berisiko lebih kecil mengalami kanker prostat.

9. Membantu tidur lebih nyenyak

Setelah mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon prolaktin. Hormon inilah yang membuat Anda jadi lebih rileks dan mengantuk.

10. Mengurangi stres

Berada di dekat pasangan, saling memeluk dan bersentuhan akan membuat tubuh Anda melepaskan hormon yang memicu perasaan nyaman dan bahagia. Selain itu, hubungan intim yang sehat dan kedekatan dengan pasangan juga membuat Anda lebih bahagia dan percaya diri menjalani kehidupan sehari-hari. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)