Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Minuman yang Ampuh dan Aman Membantu Meredakan Mual

6 Minuman yang Ampuh dan Aman Membantu Meredakan Mual

Mual adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu akibat makanan yang tidak cocok, perjalanan jauh, kehamilan, menstruasi, atau kondisi medis tertentu. Rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh mual bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Meskipun ada obat-obatan yang tersedia untuk meredakan gejala mual, beberapa minuman berikut ini juga bisa membantu Anda meredakan mual dengan efektif dan pastinya aman.

1. Air putih dingin

Salah satu cara yang paling bisa diandalkan untuk meredakan mual adalah dengan minum segelas air es secara perlahan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika rasa mual berbarengan dengan suhu tubuh yang dingin, jangan coba-coba menggunakan cara ini karena bisa meningkatkan suhu tubuh jadi lebih dingin lagi. Bahkan jika mual disebabkan Anda belum makan, penting bagi Moms untuk tetap terhidrasi. Pasalnya dehidrasi bisa membuat mual terasa lebih buruk.

2. Air Lemon

Air lemon adalah minuman yang baik untuk mual karena lemon mengandung asam penetral yang membentuk bikarbonat, senyawa yang membantu meredakan mual. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa sajikan dengan berbagai cara, misalnya air perasan lemon dicampur dengan madu atau air putih ditambah dengan irisan lemon (infused water). Buat Moms yang sedang hamil dan sering mual karena morning sickness, masalah ini bisa diatasi dengan minum air lemon.

3. Teh jahe

Mengatasi mual dengan jahe sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu di Asia Tenggara. Menurut National Institute of Health, jahe mengandung senyawa bioaktif, seperti gingerol, paradol, dan shogaol, yang dapat berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan lambung untuk meredakan gejala mual. Teh jahe juga aman untuk ibu hamil, lho!

Cara membuatnya pun cukup mudah. Potong jahe dengan ukuran sedang, lalu didihkan air. Saat air sudah medidih masukkan jahe dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu saring teh dengan saringan. Kalau masih terasa terlalu pedas, Moms bisa tambahkan madu atau kurangi lagi jahe yang direbus.

4. Teh herbal

Minuman yang bisa meredakan mual selanjutnya adalah teh herbal. Moms bisa memilih teh herbal apa yang mau dikonsumsi sesuai selera. Beberapa teh herbal yang direkomendasikan antara lain licorice, chamomile, feverfew, raspberry, barberry, dan peppermint.

Dua teh herbal yang paling populer adalah chamomile dan peppermint. Teh peppermint untuk mual adalah obat herbal yang telah terbukti benar dan menenangkan perut. “Peppermint sangat baik untuk mengatasi mual,” kata Lauren Richter, asisten profesor kedokteran keluarga dan komunitas di Center For Integrative Medicine di Fakultas Kedokteran University of Maryland, Baltimore.

5. Air kelapa

Air kelapa sama baiknya dengan minuman energi yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa merupakan cairan yang menyehatkan karena mengandung banyak mineral. Minum air kelapa yang dicampur dengan 1 sendok teh air jeruk nipis setiap 15 menit bisa mengurangi mual dan muntah.

6. Teh kayu manis

Minuman untuk mengatasi mual berikutnya adalah teh kayu manis. Kayu manis dipercaya bisa mengatasi rasa mual yang dialami ibu hamil atau perempuan yang sedang menstruasi. Cara pembuatan teh ini sangatlah mudah.

Masukkan 1 potong kayu manis dalam secangkir air mendidih selama 10 menit. Kemudian, angkat kayu manis dan tambahkan sedikit madu bila perlu. Moms bisa konsumsi teh ini minimal tiga kali sehari untuk bantu mengatasi mual.

Mual bisa terjadi dalam banyak situasi dan sering kali membuat Anda merasa tidak enak. Minuman di atas bisa membantu meredakan mual tanpa perlu obat. Namun, jika mual terus berlanjut dengan tambahan gejala lainnya, segera hubungi dokter ya, Moms. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)