Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bebas Hipertensi! Ini 6 Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil

Bebas Hipertensi! Ini 6 Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil

Di awal-awal kehamilan, rasa mual memang sangat normal terjadi. Untuk meredakannya, biasanya ibu hamil memilih untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang rasanya asam, seperti yang terbuat dari lemon. Buah yang satu ini memang dikenal punya banyak manfaat ya, Moms, termasuk meredakan morning sickness.

Namun, bolehkah bumil mengonsumsi lemon? Kalau boleh, apa sih, manfaatnya? Nah, untuk menjawab hal tersebut, simak penjelasan berikut ini ya, Moms.

Baca juga: 4 Ciri Flek saat Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Amankah minum lemon saat hamil?

Entah dengan cara memeras lemon atau membuat infused water menggunakan lemon, aroma dan rasa segar lemon memang efektif meredakan mual. Asalkan bumil tidak mengonsumsinya terlalu banyak, maka lemon tidak akan mengganggu kesehatan Anda dan janin di dalam perut.

Infused water lemon justru bisa meningkatkan semangat Anda untuk minum lebih banyak air putih, yang kebutuhannya memang meningkat selama masa kehamilan.

Baca juga: Rahasia Minum Air Lemon dan Madu yang Baik untuk Tubuh

Manfaat lemon untuk bumil

Ada banyak manfaat mengonsumsi lemon saat hamil. Dilansir dari Mom Junction, beberapa manfaat itu adalah sebagai berikut.

1. Meredakan morning sickness

Memang tidak bisa menghilangkan 100 persen, tapi lemon sangat efektif untuk meredakan mual saat hamil. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American College of Nurse-Midwives menguak fakta kalau mengisap lemon bisa membantu meredakan mual dan muntah. Penelitian lain menyebutkan bahwa menghirup aroma lemon (baik dari buah segar atau essential oil) bisa mengurangi keluhan morning sickness.

2. Menurunkan tekanan darah

Bumil rentan mengalami kenaikan tekanan darah? Konsumsi lemon saja! Sebuah studi meneliti wanita hamil yang mengonsumsi lemon, ternyata kandungan vitamin C dalam lemon bisa mengurangi hipertensi akibat kehamilan. Kandungan vitamin C dalam lemon mungkin bisa menguatkan pembuluh darah yang berkaitan dengan stabilitas tekanan darah.

3. Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan merupakan hal yang umum dialami bumil. Berita baiknya, gangguan ini bisa diredakan dengan cara mengonsumsi lemon lho, Moms.

4. Mengatasi konstipasi

Menurut buku Natural Pregnancy Cookbook yang ditulis oleh Sonali Ruder, mengonsumsi segelas air lemon setiap hari efektif mengatasi konstipasi saat hamil.

5. Meningkatkan imunitas

Air lemon dipercaya mampu mencegah infeksi yang umum terjadi, seperti influenza dan common cold (selesma). Kandungan vitamin C dalam lemon ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh alami Anda, Moms, sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus.

6. Memperkuat tulang

Jika sebelum hamil kebutuhan tubuh Anda akan kalsium dan magnesium adalah 1.000 miligram per hari, terjadi kenaikan 350 miligram per hari saat hamil. Berita baiknya, air lemon bisa membantu Anda memenuhi kuota ini, karena dalam 100 gram air lemon terkandung 26 miligram kalsium dan 8 miligram magnesium. Kandungan yang cukup banyak untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda dan Si Kecil di dalam perut, kan? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)