Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Apa yang biasa Moms buat dengan bahan lemon? Buah berwarna kuning terang dengan rasa yang asam ini memang bisa dijadikan minuman maupun penambah cita rasa makanan. Tidak hanya air perasannya, parutan kulitnya juga bisa menambah kesegaran hari Anda. Dan yang terpenting, lemon juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Dalam satu buah lemon terkandung kalsium, fosfor, kalium, vitamin B1, vitamin B2, dan tentu saja vitamin C dengan kandungan mencapai 50 mg. Seperti diketahui, vitamin C dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, ada lebih banyak manfaat dari mengonsumsi lemon yang bisa Moms simak berikut ini.

1. Meredakan masalah lambung

Zat asam seperti asam sitrat diketahui dapat meningkatkan kadar asam lambung hingga menimbulkan gejala maag. Akan tetapi, berbeda dengan lemon, buah ini justru bisa membantu meredakan masalah lambung jika dikonsumsi dengan tepat. Anda dapat meminum air lemon dengan tambahan 240 ml air saat perut kosong. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan alkalin pada lemon bisa menurunkan kadar asam lambung.

2. Membantu perawatan wajah

Selain menjadi minuman, Anda juga bisa mencampurkan air perasan lemon dengan madu dan menjadikannya sebagai masker. Tingkat keasaman yang cukup tinggi membuat lemon memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit dan mencegah jerawat yang meradang serta membantu membersihkan wajah.

Tak hanya itu, asam sitrat dalam lemon juga bisa membantu mengatasi masalah kulit, seperti mengecilkan pori-pori, mengontrol produksi minyak, mencegah pigmentasi, dan membantu proses pergantian sel kulit melalui proses eksfoliasi.

3. Menyehatkan organ dalam tubuh

Sudah diketahui bahwa vitamin C mampu menyehatkan jantung dan kinerja organ dalam tubuh. Lemon pun merupakan buah yang kaya vitamin C dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Senyawa kimia hesperidin dan diosmin pada lemon juga terbukti bisa menurunkan kolesterol. Kandungan asam sitratnya dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine. Penyerapan vitamin C yang baik akan membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai paparan penyakit.

4. Mengontrol berat badan

Moms bisa menurunkan sekaligus mengontrol berat badan dengan mengonsumsi lemon secara rutin. Kandungan serat pektin di dalamnya membuat perut merasa kenyang lebih lama. Dilansir dari Healthline, disebutkan juga kalau minum air lemon sebelum makan bisa membuat makanan dicerna lebih baik oleh saluran pencernaan. Dengan begitu, makanan tidak menumpuk dan menyebabkan berat badan bertambah.

5. Menyegarkan mulut

Aroma menyegarkan dari lemon nyatanya juga bisa membantu menghilangkan aroma tak sedap di dalam mulut. Anda cukup meminum segelas air lemon setelah mengonsumsi makanan beraroma kuat seperti bawang putih. Lemon juga bisa menstimulasi ludah untuk mencegah mulut kering yang dapat memicu bau mulut akibat bakteri.

6. Mencegah penuaan dini

Kondisi kulit wajah tentu akan berubah seiring bertambahnya usia, seperti munculnya tanda-tanda penuaan. Namun, Anda tetap bisa melakukan pencegahan dengan mengonsumsi lemon yang kaya vitamin C.

Tak hanya mencerahkan kulit wajah, penyerapan vitamin C dari lemon juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal tersebut dapat mengurangi garis-garis halus serta bintik hitam di wajah. Asam sitrat sebagai bentuk alami dari alpha hydroxy acid (AHA) pun bisa membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan menghilangkan komedo di wajah. Moms jadi bisa tampak awet muda dengan kondisi kulit wajah yang sehat.

7. Mengurangi bau badan

Aroma tubuh setiap orang memang berbeda-beda dan bisa saja menimbulkan bau badan yang berlebihan. Hal ini bisa diatasi dengan cara membuat masker dari campuran baking soda dan air perasan lemon. Baking soda mampu menyerap bau tidak sedap dan lemon mampu membunuh bakteri. Gunakan masker ini di area ketiak, diamkan selama 10 menit, dan masalah bau ketiak pun bisa teratasi.

Minuman dari air lemon sebaiknya disajikan dalam kondisi dingin. Hal ini dilakukan untuk mencegah rusaknya vitamin C jika lemon ditambahkan dengan air bersuhu panas. Selain airnya, kulit lemon yang diparut tipis-tipis (lemon zest) juga bisa membuat sebuah hidangan memiliki rasa istimewa. Jadi, Moms bisa ciptakan kreasi makanan dan minuman lezat serta mendapatkan manfaat dari lemon. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dashu83/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle