Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Buah yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

6 Buah yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Saat hamil, penting buat Moms memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan Anda selama masa kehamilan dan menunjang tumbuh kembang janin yang optimal dalam kandungan.

Salah satu cara mudah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda adalah dengan mengonsumsi aneka buah-buahan. Namun, meski buah-buahan mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi bumil.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat tertentu yang bisa membahayakan Anda dan janin. Apa saja buah-buahan yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi oleh bumil? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pepaya muda

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya muda bisa menjadi zat yang berbahaya buat bumil karena bisa menyebabkan sakit perut dan memicu kontraksi rahim, yang pada akhirnya bisa menyebabkan persalinan dini atau bahkan keguguran. Hal tersebut disebabkan oleh kemiripan cara kerja papain dengan hormon prostaglandin yang berfungsi untuk merangsang kontraksi pada saat persalinan.

Jika Moms ingin mengonsumsi pepaya, sebaiknya pilihlah pepaya yang sudah matang. Pepaya yang sudah matang mengandung berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan bumil dan perkembangan janin, seperti vitamin A dan folat.

Baca juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan

2. Durian

Sebenarnya, saat hamil Anda tetap boleh kok, mengonsumsi durian, asalkan tidak berlebihan. Buah ini punya kandungan serat, asam folat, vitamin, dan mineral lain yang bermanfaat buat bumil.

Meskipun begitu, mengutip KlikDokter, jika bumil makan terlalu banyak durian, maka dapat muncul efek samping yang bisa merugikan bumil dan janin. Durian banyak mengandung gas sehingga bisa membuat bumil merasa kembung.

Tingginya kadar gula di dalam durian bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam, sehingga bumil rentan mengalami diabetes gestasional dan melahirkan bayi yang berukuran besar.

Selain itu, bumil juga rentan mengalami obesitas mengingat durian merupakan buah yang tinggi kalori. Obesitas bisa memicu masalah kesehatan lain, misalnya preeklampsia, eklampsia, hingga masalah janin (gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin serta kelahiran prematur).

Jika bumil ingin mengonsumsi durian, Anda disarankan untuk membatasi jumlahnya. Rekomendasi konsumsi durian untuk bumil adalah tidak lebih dari 250 gram atau setara dengan 2-3 biji buah per hari.

3. Nanas

Nanas juga punya kandungan nutrisi yang baik untuk bumil dan janin. Meskipun begitu, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada bumil yang pencernaannya sensitif.

Buat bumil yang tidak tahan asam, nanas bisa menimbulkan masalah pencernaan yang bisa bikin Anda merasa tidak nyaman saat hamil. Ini karena kandungan asam dalam nanas bisa meningkatkan produksi asam lambung. 

Nanas juga mengandung bromelain. Konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dan berlebihan dikhawatirkan bisa mengganggu keseimbangan protein dan berpengaruh melunakkan serviks yang akan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan serta rentan mengakibatkan keguguran.

Agar terhindar dari bahaya tersebut, bumil disarankan untuk membatasi konsumsi nanas, yakni tidak lebih dari 200 gram per hari. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat ingin mengonsumsi buah yang satu ini ya, Moms.

4. Nangka

Meskipun punya aroma wangi, bumil sebaiknya menghindari mengonsumsi nangka. Buah ini mengandung banyak senyawa bermanfaat seperti flavonoid, sterol, dan prenilflavon yang berperan dalam sifat farmakologis.

Namun, nangka tidak disarankan untuk dikonsumsi bumil karena mengandung senyawa yang bisa menyebabkan rasa panas pada perut. Rasa panas ini terjadi karena produksi asam lambung yang meningkat akibat iritasi di lambung.

Selain itu, sebelum dikonsumsi Anda harus memastikan nangka dalam keadaan matang sempurna, karena nangka yang terlalu matang mengandung alkohol yang pastinya tidak baik buat bumil. Walaupun begitu, pada dasarnya, Anda masih boleh mengonsumsi nangka asalkan tidak berlebihan, Moms.

Baca juga: Ibu Hamil Makan Buah Nangka, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

5. Pisang mentah

Pisang memang punya manfaat untuk bumil, seperti meringankan morning sickness, menurunkan risiko bayi lahir cacat, dan meringankan kram kaki. Semua manfaat itu bisa dirasakan jika bumil mengonsumsi pisang matang.

Berbeda dengan pisang matang, pisang mentah justru bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh bumil, karena mengandung banyak pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah mengandung tanin yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus, sehingga bisa menyebabkan bumil mengalami konstipasi atau sembelit.

Baca Juga: 9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

6. Anggur

Anggur mengandung banyak nutrisi penting dan menyehatkan untuk bumil. Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan dan sembarangan selama kehamilan juga ternyata tidak aman.

Pasalnya, di dalam anggur terdapat kandungan resveratrol. Resveratrol adalah salah satu antioksidan yang terdapat dalam anggur dan bisa memengaruhi hormon progesteron pada wanita.

Meskipun resveratrol merupakan salah satu jenis antioksidan, konsumsi anggur—terutama dalam jumlah yang berlebihan—bisa berdampak pada terjadinya ketidakstabilan hormon selama kehamilan.

Selain itu, anggur juga diketahui menghasilkan panas dalam tubuh yang tidak baik bagi Moms dan janin. Hindari mengonsumsi terlalu banyak anggur saat hamil untuk menghindari komplikasi.

Nah, itulah beberapa buah yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi bumil. Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya, Moms. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)